Iklan dempo dalam berita

BBM Resmi Turun! Ini Harga Terbaru Mei 2023 Pertalite, Dexlite dan Shell di SPBU Indonesia

BBM Resmi Turun! Ini Harga Terbaru Mei 2023 Pertalite, Dexlite dan Shell di SPBU Indonesia

Harga BBM bulan Mei resmi turun--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Akhirnya yang diharapkan turun juga. PT Pertamina (Persero) resmi menyesuaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis non subsidinya di seluruh SPBU yang ada di Indonesia. Adapun penyesuaian harga BBM non subsidi ini berlaku mulai 1 Mei 2023.

Sebagai contoh, untuk harga BBM non subsidi di DKI Jakarta, Pertamina menurunkan harga BBM jenis Pertamina Dex menjadi Rp 14.600 per liter dari yang sebelumnya Rp 15.400 per liter.

Tak hanya menurunkan harga Pertamina Dex, Pertamina juga menurunkan harga BBM jenis Dexlite menjadi Rp 13.700 per liter dari yang sebelumnya pada April Rp 14.250 per liter.

BACA JUGA:Harga BBM Turun Mei 2023, Ini Daftar Harga BBM Terbaru di SPBU dari Aceh Sampai Papua

“PT Pertamina (Persero) melakukan penyesuaian harga bahan bakar minyak (BBM) umum dalam rangka mengimplementasikan Keputusan Menteri (Kepmen) ESDM No. 245.K/MG.01/MEM.M/2022 sebagai perubahan atas Kepmen No. 62 K/12/MEM/2020 tentang Formula Harga Dasar Dalam Perhitungan Harga Jual Eceran Jenis Bahan Bakar Minyak Umum Jenis Bensin dan Minyak Solar yang Disalurkan Melalui Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum," demikian pengumuman di situs resmi Pertamina, Minggu (30/4), seperti dirilis dari laman cnbcindonesia.com.

Namun harga BBM jenis RON 92 atau Pertamax tidak mengalami perubahan atau tetap berlaku dengan harga Rp 13.300 per liter.

Sekretaris Perusahaan Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting menyebutkan bahwa penyesuaian berkala dan penetapan harga BBM Jenis BBM Umum (JBU) mengacu pada regulasi Pemerintah atau Keputusan Menteri ESDM Nomor 245.K/MG.01/MEM.M/2022 tentang Formula Harga Dasar Dalam Perhitungan Harga Jual Eceran Jenis BBM Umum Jenis BBM dan Minyak Solar.

“Penyesuaian harga mengacu mengacu pada rata-rata MOPS (Means of Platts Singapore) pada periode 25 Februari 2023 hingga 24 Maret 2023. Harga baru ini berlaku untuk propinsi dengan besaran pajak bahan bakar kendaraan bermotor (PBBKB) sebesar 5% seperti di wilayah DKI Jakarta," ungkap Irto dikutip Rabu (5/4/2023).

Atas penurunan harga itu, Irto menyatakan bahwa harga produk BBM Pertamina masih paling kompetitif dibandingkan perusahaan lain dan harga tersebut telah memenuhi ketentuan batas atas pada periode April 2023 yang ditetapkan untuk setiap jenis BBM.

BACA JUGA:Ingin Rezeki Suami Lancar? Silakan Para Istri Amalkan Lima Hal Ini

“Harga BBM Pertamina mempertimbangkan berbagai aspek diantaranya minyak mentah, publikasi MOPS dan Kurs, agar tetap dapat menjamin keberlangsungan penyediaan dan penyaluran BBM hingga ke seluruh pelosok Tanah Air,” tandas Irto.

Sebagaimana diketahui, tidak hanya Pertamina, SPBU milik Shell, VIVO dan BP juga kompak menurunkan harga sejumlah jenis BBM pada waktu yang sama. Berikut harga BBM terbaru per 5 April 2023:

 

Berikut Harga BBM Pertamina

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: