Iklan dempo dalam berita

Ditemukan Gunung Berapi Bawah Laut Seperti Kue Donat

Ditemukan Gunung Berapi Bawah Laut Seperti Kue Donat

Penemuan gunung api di bawah laut--

Sebelumnya, Saildrone Surveyor – kapal khusus untuk pemetaan laut tanpa awak terbesar di dunia - telah mendeteksi gunung berbentuk aneh 200 mil atau 322 kilometer di lepas pantai California utara. Gunung tersebut berdiri di luar daerah di mana gunung laut biasanya ditemukan di dekat pantai.

 

BACA JUGA:Benarkah Kiamat akan Terjadi Hari Jumat? Simak Penjelasannya Berikut

“Ketika ilmuwan pertama kali melihat gunung bawah laut pada citra sonar multibeam, reaksi langsung dari tim seperti melihat kue Bundt (donat). Bentuknya sangat bulat dan dengan sisi yang curam dan puncak melengkung yang membentuk kawah di tengahnya,” kata Neah Baechler, ahli hidrograf di Ocean Exploration Trust dan kepala surveyor untuk Saildrone, memberi tahu The Sacramento Bee.

 

Saildrone Surveyor menemukan fitur tersebut pada Februari, tetapi perjalanan kapal melalui Pasifik Utara dimulai pada Juli 2022. 

 

Kapal pertama kali memetakan kontur dasar laut yang tidak diketahui di sekitar Kepulauan Aleutian Alaska sebelum berlayar di sepanjang pantai California.

 

BACA JUGA:KPR BTN Sejahtera, Solusi Mendapatkan Rumah dengan Uang Muka Mulai 1 Persen, Ini Syarat dan Cara Pengajuannya

Bentuk donat yang tinggi mungkin merupakan hasil dari aktivitas vulkanik yang intens dan cepat atau tumpukan detritus laut sehingga mempertajam lerengnya. 

 

Formasi jenis ini ada sangat jarang ditemukan karena tidak cukup besar untuk memenuhi syarat sebagai gunung bawah laut.

 

“Fakta bahwa kami masih dapat menemukan formasi ini sungguh menarik. Gunung yang satu ini sepertinya terbentuk sebagai gunung berapi bawah laut karena memiliki kawah,” kata Jon Copley, seorang profesor ekologi laut dalam dan eksplorasi laut di University of Southampton di Inggris, kepada Live Science.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: