Iklan dempo dalam berita

Beruntung, 5 Golongan Orang Ini Terbebas dari Pertanyaan Malaikat Munkar dan Nakir di Alam Kubur

Beruntung, 5 Golongan Orang Ini Terbebas dari Pertanyaan Malaikat Munkar dan Nakir di Alam Kubur

Ilustrasi. Setiap jenazah di alam kubur akan didatangi malaikat--

 

BACA JUGA:Jika Hewan Ini Bersuara Malam Hari Kita Wajib Berdoa, Gus Baha: Pertanda Malaikat Datang

Kedatangan Malaikat Munkar dan Nakir

 

Adapun berikut ini adalah hadits Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari, Abu Dawud, dan An-Nasa'i dari sahabat Anas bin Malik RA:  

 

عن أنس بن مالك رضي الله عنه أنه حدثهم أن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال إن العبد إذا وضع في قبره وتولى عنه أصحابه وإنه ليسمع قرع نعالهم أتاه ملكان فيقعدانه فيقولان ما كنت تقول في هذا الرجل لمحمد صلى الله عليه وسلم فأما المؤمن فيقول أشهد أنه عبد الله ورسوله فيقال له انظر إلى مقعدك من النار قد أبدلك الله به مقعدا من الجنة فيراهما جميعا قال قتادة وذكر لنا أنه يفسح له في قبره ثم رجع إلى حديث أنس قال وأما المنافق والكافر فيقال له ما كنت تقول في هذا الرجل فيقول لا أدري كنت أقول ما يقول الناس فيقال لا دريت ولا تليت ويضرب بمطارق من حديد ضربة فيصيح صيحة يسمعها من يليه غير الثقلين

 

Artinya: Dari sahabat Anas bin Malik RA, ia menceritakan kepada mereka, Rasulullah SAW bersabda: Sungguh jika seseorang telah diletakkan di kuburnya lalu para sahabatnya telah berpaling darinya di mana ia masih mendengar suara jejak sandal mereka, dua malaikat mendatanginya dan mendudukkannya lalu berkata kepadanya. Apa yang pernah kau katakan tentang laki-laki yang bernama Muhammad SAW? Jika ia adalah seorang mukmin, maka ia akan menjawab: Aku bersaksi, sungguh ia hamba dan utusan Allah SWT. Keduanya akan berkata kepadanya: Lihatlah Allah telah mengganti tempat dudukmu dari api neraka menjadi surga. Ia pun diperlihatkan kepada kedua tempat duduk itu. – Qatadah berkata: Ia menyebutkan kepada kami bahwa ia kemudian dilapangkan kuburnya, lalu kembali meneruskan hadits sahabat Anas bin Malik RA – Tetapi jika ia adalah orang munafik atau kafir, ia akan ditanya juga. Apa yang pernah kau katakan terkait laki-laki ini (Nabi Muhammad SAW)? Maka ia akan menjawab: Aku tak tahu, aku ucapkan apa yang dikatakan orang-orang saja. Kedua malaikat itu bertanya kembali: Apakah engkau tidak mengerti atau tidak membaca? Ia kemudian dipukul sekali dengan gada besi. Ia menjerit sekeras-kerasnya. Siapa pun yang ada di sekitarnya mendengar jerit kesakitan tersebut kecuali jin dan manusia. (HR Bukhari, Abu Dawud, dan An-Nasa’i).

 

(Tim)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: