Iklan dempo dalam berita

Ini 5 Patahan Bumi Penyebab Gempa, Ada yang Sepanjang 2 Kali Pulau Jawa

Ini 5 Patahan Bumi Penyebab Gempa, Ada yang Sepanjang 2 Kali Pulau Jawa

Ini 5 Patahan Bumi Penyebab Gempa, Ada yang Sepanjang 2 Kali Pulau Jawa--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Sesar atau fault merupakan suatu gejala alam pergeseran lapisan batuan akibat gaya tekan kerak bumi. Disebut juga Patahan Bumi.

Kerak bumi tersusun atas batuan yang dapat mengalami gaya penekanan sehingga terjadi patahan. Patahan (fault) Bumi merupakan salah satu fenomena geologi alam yang terbentuk dalam waktu yang sangat lama, bahkan berjuta-juta tahun. 

 

BACA JUGA:Sudah Ikut BLT Prakerja Gelombang 52? Cek di Sini Apakah Namamu Lolos Dapat Rp 700 Ribu

 

Beberapa patahan juga ditemukan di wilayah Indonesia. Berikut 5 patahan terbesar di tanah air dirangkum laman esdm.go.id dan ilmugeografi. 

 

1. Patahan Sorong

 

Patahan atau sesar Sorong termasuk salah satu patahan aktif terpanjang di Indonesia, selain sistem Sesar Besar Sumatera yang lebih dulu melegenda. Terhitung dari pesisir timur Teluk Cenderawasih, zona sesar Sorong membentang sepanjang 1.900-2.000 km ke arah barat hingga berujung di Kepulauan Banggai (Provinsi Sulawesi Tengah). 

Itu setara dua kali lipat panjang pulau Jawa. Patahan Sorong adalah sesar mendatar kiri yang cukup signifikan di bagian timur Indonesia yang dinamai sesuai dengan Kota Sorong. 

 

BACA JUGA:Bansos BPNT Rp 2,4 Juta Disalurkan, Apakah Kamu Penerima? Cek di Sini

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: