Iklan dempo dalam berita

Masyaallah, Ini 8 Nama Surga dan Ciri-ciri Orang yang Pertama Masuk Dalam Surga

Masyaallah, Ini 8 Nama Surga dan Ciri-ciri Orang yang Pertama Masuk Dalam Surga

Masyaallah, Ini 8 Nama Surga dan Ciri-ciri Orang yang Pertama Masuk Dalam Surga--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Bagi umat muslim, surga merupakan tempat terindah dalam tujuan akhir kehidupan manusia yang selalu taat kepada Allah Swt. 

Surga diciptakan hanya untuk orang-orang terpilih yang berhasil memperoleh amal kebaikan selama hidup di dunia. Seseorang yang telah masuk surga, ia akan kekal abadi di dalamnya mendapat nikmat terbesar dari Allah Swt. Ada 8 nama surga, dan semuanya memiliki keindahan dan kenikmatan yang istimewa.

Lantas siapa orang yang pertama masuk surga yang memiliki keistimewaan tersebut? Menurut Rasulullah SAW dalam salah satu hadits, yang pertama masuk surga yakni, mereka berwajah berseri seperti bulan purnama.

BACA JUGA:Astaghfirullah, Golongan Manusia Ini Jangankan Masuk, Mencium Bau Surga Saja Tidak Bisa

Disebutkan dalam Shahih Bukhari dan Shahih Muslim, orang pertama yang akan masuk surga berasal dari umat Nabi Muhammad SAW. Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda,

“Kita adalah orang-orang pertama yang masuk surga di hari kiamat, meskipun mereka diberi kitab suci terlebih dahulu, dan kita diberi kitab suci belakangan." (HR Bukhari, Muslim, dan An-Nasa'i).

Kemudian, Imam Muslim turut meriwayatkan hadits Abu Shalih dari Abu Hurairah dengan redaksi yang lebih panjang. Rasulullah SAW bersabda,

BACA JUGA:Jika Lelaki Disiapkan Bidadari di Surga, Bagaimana dengan Perempuan? Berikut Penjelasan Ustad Adi Hidayat

“Kita memang umat terakhir. Tapi kita umat pertama yang masuk surga di hari kiamat. Kita umat pertama yang masuk surga. Mereka memang mendapatkan kitab suci lebih dahulu dari kita. Sementara kita mendapatkan kitab suci setelah mereka. Namun mereka berbeda pendapat. Sedangkan kita diberi petunjuk oleh Allah SWT tentang perselisihan mereka menuju jalan yang benar."

Selain mengabarkan bahwa umatnya akan masuk surga di urutan pertama, Rasulullah SAW juga mengabarkan mengenai ciri-ciri rombongan pertama di antara mereka. Hal ini turut diterangkan Ibnul Qayyim al-Jauziyyah dalam Hadil Arwah ila Biladil Afrah dan diterjemahkan oleh Zainul Maarif.

BACA JUGA:Gambaran Bidadari Surga, Salah Satunya Kecantikan yang Sempurna dan Mata Berbinar

Ibnul Qayyim al-Jauziyyah menukil sebuah hadits shahih dari Abu Hurairah yang mengatakan bahwa Rasulullah SAW bersabda,

“Rombongan pertama yang masuk surga berwajah seperti bulan purnama. Mereka tidak meludah, tidak beringus, dan tidak buang air besar. Bejana dan sisir mereka terbuat dari emas dan perak. Sanggul mereka dari dupa. Keringan mereka minyak kasturi. Mereka masing-masing punya dua istri yang saking indahnya, sumsum betisnya pun dapat terlihat dari luar daging. Mereka tidak saling berselisih dan saling marah. Hati mereka satu. Mereka memuji Allah sepanjang siang dan malam." (HR Bukhari, Muslim, At-Tirmidzi, Ibnu Majah, Ahmad, dan Ibnu Abi Dunya).

BACA JUGA:Para Istri Catat! Ini Menu Sarapan Pagi Kalau Menginginkan Suami Gagah Perkasa

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: