Iklan dempo dalam berita

Rancak Bana, Bahasa Minang dan Musi Terpopuler di Indonesia, Ini Daftarnya

Rancak Bana, Bahasa Minang dan Musi Terpopuler di Indonesia, Ini Daftarnya

Bahasa Minang salah satu bahasa daerah yang populer--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Berdasarkan data terbaru, total bahasa asli daerah Indonesia berjumlah 718 jenis, yang tersebar di seluruh nusantara. Salah satu Bahasa daerah yang paling popular yakni Bahasa Minangkabau atau Minang dan Bahasa Musi. Rancak bana.

Perkembangan bahasa daerah telah terjadi sejak zaman prasejarah sehingga masing-masing suku di Indonesia mempunyai bahasa berbeda-beda.

Bahasa lokal di Indonesia masuk dalam rumpun Austronesia. Rumpun bahasa tersebut juga tersebar hingga Hawaii, Filipina, Madagaskar dan sekitarnya. Sebab itu, ada beberapa kesamaan vokal dan arti pada bahasa-bahasa tersebut.

BACA JUGA:WOW, Ini Daftar Bahasa Daerah Paling Populer di Indonesia, 3 dari Pulau Sumatera

Seiring berjalannya waktu, bahasa daerah di Indonesia mengalami perubahan. Faktor penyebabnya adalah karena migrasi, akulturasi, munculnya istilah baru, kata serapan, dan sebagainya.

Sebagian besar bahasa daerah di nusantara tetap lestari hingga saat ini. Namun ada beberapa telah punah dan terancam. Salah satu faktornya adalah jumlah penutur yang sedikit atau bahasa yang berasal dari suku minoritas.

Meski jumlah tersebut terbilang sangat banyak, namun total bahasa daerah di Indonesia masih menempati posisi kedua setelah Papua Nugini. Negara yang berbatasan langsung dengan Provinsi Papua tersebut memiliki 810 bahasa daerah yang telah diketahui.

BACA JUGA:Keren, Pemilik Lima Shio Ini Katanya Pintar Cari Uang

Nah ulasan kali ini membahas mengenai Bahasa daerah yang paling popular dan banyak digunakan di Indonesia. Berikut daftarnya:

 

1. Bahasa Minangkabau (sekitar 6.530.000 Jiwa)

 

Layaknya rumah makan Padang yang bertebaran di penjuru Indonesia bahkan dunia, begitu pula bahasanya yang populer. Bahasa Minangkabau sendiri berasal dari tanah Sumatera Barat. Namun dalam perkembangannya bahasa ini juga digunakan di berbagai derah seperti Jambi, Riau, Aceh, Sumatera Utara, hingga Bengkulu.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: