Iklan dempo dalam berita

Siapa Sebenarnya Sosok Zulkarnain, Raja yang Membentengi Ya’juj-Ma’juj? Ada yang Menduga Dia Adalah Alexsander

Siapa Sebenarnya Sosok Zulkarnain, Raja yang Membentengi Ya’juj-Ma’juj? Ada yang Menduga Dia Adalah Alexsander

ilustrasi. sosok raja zulkarnain yang membangun dinding penghalang ya'juj dan ma'juj--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Nama Zulkarnain sangat tersohor di kalangan umat muslim. Sosok Zulkarnain adalah seorang raja yang membangun tembok sebagai penghalang Ya’juj dan Ma’juj.

 

Zulkarnain adalah seorang tokoh dalam Al-Qur'an. Dia juga disebutkan dalam berbagai hikayat dan legenda rakyat. Kisah Zulkarnain biasanya berpusat pada masalah pembangunan dinding yang menghalangi jalan masuk Ya'juj dan Ma'juj dan pengembaraannya ke berbagai belahan dunia.

 

Beberapa penafsir dan sejarawan Muslim telah berusaha mengidentifikasi jati diri Zulkarnain dengan beberapa tokoh sejarah. Pendapat paling masyhur menyebutkan Zulkarnain adalah Aleksander Agung, sedangkan beberapa ulama Muslim modern mengidentifikasikannya dengan Koresy Agung ataupun Sargon Agung, seorang Raja Akkadia Kuno yang menguasai Mesopotamia Kuno meliputi Sungai Eufrat dan Sungai Tigris yang sezaman dengan Nabi Ibrahim. 

 

BACA JUGA:Jika Mengalami 10 Tanda Ini, Artinya Kamu Bakal Ketiban Rezeki Tak Terduga, Apa Saja?

Pada umumnya telah disepakati kedudukan Zulkarnain sebagai raja dan sifatnya yang saleh, tetapi masih terdapat perbedaan pendapat di kalangan ulama mengenai status kenabiannya. Zulkarnain bukanlah nama pribadi, melainkan sebuah julukan. 

 

BACA JUGA:Sejarah Pemakaian Cadar, dari Masa Pra Islam Hingga Zaman Sekarang

Al-Qur'an menyebut nama Zulkarnain sebanyak tiga kali. Kisahnya disebutkan dalam Surah Al-Kahfi (18): 83-102.

 

Al-Qur'an tidak memberikan penjelasan tersurat mengenai asal-usul Zulkarnain, waktu dia hidup, atau nama negeri-negeri yang dia kunjungi. Secara garis besar, kisahnya dalam Al-Qur'an dibagi menjadi empat bagian:

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: