Iklan dempo dalam berita

Tanda Kiamat, Berikut Penjelasan Lengkap Soal Dajjal, Nabi Isa hingga Imam Mahdi

Tanda Kiamat, Berikut Penjelasan Lengkap Soal Dajjal, Nabi Isa hingga Imam Mahdi

Ilustrasi hari kiamat--

Imam Mahdi akan menjadi khalifah di muka bumi selama 7 atau 8 musim haji. Pada masa kepemimpinan beliau, keadilan dan kesejahteraan akan tersebar di seluruh penjuru bumi.

Hadits Abu Sa’id Al-Khudri radhiyallahu ’anhu bahwa Nabi shallallahu ’alaihi wasallam bersabda,

“Pada akhir umatku akan keluar Al-Mahdi. Allah menurunkan hujan kepadanya, bumi menumbuhkan tanamannya, harta dibagi-bagikan, banyaknya binatang ternak dan umat ini menjadi mulia. Dia akan hidup selama tujuh atau delapan tahun; yaitu tujuh atau delapan musim haji.” (HR. Al-Hakim, disepakati oleh Adz-Dzahabi)

4. Ciri fisik Imam Mahdi

Tidak hanya jalur nasabnya, Rasulullah juga memberikan gambaran ciri fisik Imam Mahdi. Rasulullah mengatakan bahwa Imam Mahdi memiliki hidung yang mancung, dahi yang lebar.

Rasulullah shallallahu ’alaihi wasallam mengabarkan,

“Al-Mahdi berasal dari keturunanku, dahinya lebar, hidungnya mancung. Dia akan memenuhi bumi ini dengan keadilan, setelah sebelumnya penuh dengan kekejaman dan kezaliman. Dia akan menguasai dunia ini selama tujuh tahun.” (HR. Abu Dawud dan yang lainnya)

5. Mengimami Shalat Nabi Isa ‘alaihissalam

Sungguh istimewanya Imam Mahdi, bahkan sosoknya kelak juga akan menjadi imam shalat bagi seorang nabi yang akan membunuh Dajjal, yakni Nabi Isa alaihissalam.

Dari Abu Said Al-Khudri radhiyallahu ’anhu, beliau berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,

“Dari keturunanku nanti akan ada yang menjadi Imam shalat untuk Isa bin Maryam (yakni Imam Mahdi).” (HR. Abu Nu’aim, dinilai shahih oleh Syaikh Albani)

Demikian penjelasan tentang tanda kiamat, semoga bermanfaat dan menjadi pembelajaran.

 

Tim liputan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: