Iklan dempo dalam berita

Tes CPNS 2023 Butuh 1.610.953 Orang, Segera Siapkan Berkas Persyaratan Ini

Tes CPNS 2023 Butuh 1.610.953 Orang, Segera Siapkan Berkas Persyaratan Ini

Tes CPNS 2023 Butuh 1.610.953 Orang, Segera Siapkan Berkas Persyaratan Ini--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Jadwal pembukaan pendaftaran tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2023 semakin dekat. Jumlah formasi sebanyak 1.610.953. 

“Pada 2023 proyeksi kebutuhan ASN sebesar 1.610.953,” kata Deputi SDM Aparatur KemenPAN RB Alex Denni saat melakukan rapat kerja dengan Komisi X DPR.

BACA JUGA:Jadwal Rekrutmen CPNS 2023 Makin Dekat, Pemerintah Buka 1,6 Juta Formasi CPNS dan PPPK, Siapkan Berkas!

Adapun kebutuhan tes CPNS pada 2023 akan diprioritaskan untuk bisa mengisi pelayanan dasar di sektor pendidikan dan sektor kesehatan. Seperti guru, dosen, perawat, dokter, dan tenaga kesehatan lainnya.

Pemerintah juga akan membuka ruang penetapan CPNS di 2023 kepada talenta-talenta yang paham mengenai digitalisasi. “Rekrutmen 2023 fokus pada pelayanan dasar, seperti guru, tenaga kesehatan, itu prioritas nomor satu,” ujarnya.

BACA JUGA:Kumpulan Doa agar Lulus Tes Polisi, Tes CPNS hingga PPPK

“Juga karena menggelindingkan SPBE, kami memberi ruang untuk rekrutmen talenta digital dan data scientist. Karena selama ini policy making kurat kuat analitiknya sehingga butuh talenta digital dan data scientist,” kata Alex Denni lagi.

Sejalan dengan rencana pemerintah untuk menggencarkan Penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) atau yang lebih dikenal dengan e-government, lewat Peraturan MenPANRB Nomor 45 Tahun 2022, maka pemerintah memutuskan untuk tidak lagi merekrut tenaga teknis pelaksana.

BACA JUGA:INFO PENTING!! Tahun Ini Seleksi CPNS hanya Dibuka untuk Instansi Berikut

Pemerintah juga akan mengurangi posisi perekrutan tenaga teknis fungsional lainnya. Hanya tenaga fungsional jenis tertentu yang akan boleh dibuka perekrutannya.

“Untuk tenaga teknis fungsional, kita coba agar terjadi zero growth. Mungkin ada jabatan fungsional teknis yang boleh tumbuh, sesuai bidang prioritas nasional dan potensi kewilayahan. Agar SPBE bukan menimbulkan pengangguran terselubung,” jelas Alex Denni.

BACA JUGA:Rekrutmen 4.672 CPNS 2023 untuk Ditempatkan di 8 Kementerian/Lembaga

Segera Siapkan Syarat

Sementara itu, bagi yang berminat menjadi abdi negara berikut cara daftar CPNS 2023. Meski pemerintah belum mengumumkan tanggal resminya, tak ada salahnya calon peserta seleksi CPNS mempersiapkan berkas terlebih dahulu agar nantinya tak perlu tergesa-gesa. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: