Iklan dempo dalam berita

Hewan Kurban Terbaik Menurut Nabi Muhammad SAW Ternyata Bukan Sapi, Cek Juga Syarat Hewan Kurban

Hewan Kurban Terbaik Menurut Nabi Muhammad SAW Ternyata Bukan Sapi, Cek Juga Syarat Hewan Kurban

Hewan qurban yang paling dianjurkan--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Meskipun tidak wajib, namun berkurban di hari raya Idul Adha menjadi salah satu keinginan banyak kaum muslim, bahkan ada yang sengaja menabung sejak lama untuk berkurban. 

Dalam ajaran agama Islam, ada beberapa hewan yang bisa dijadikan kurban diantaranya sapi, kambing, domba, kerbau dan unta. Tapi apa hewan kurban terbaik menurut Nabi Muhammad SAW?

Tentunya hewan-hewan pilihan tersebut sudah memiliki usia yang cukup untuk dijadikan kurban serta mempunyai syarat sah dijadikan hewan kurban. Salah satunya adalah hewan tersebut bebas penyakit fisik maupun mental.

Diantara hewan yang dapat dikurbankan tersebut, ada satu hewan yang biasa dijadikan kurban oleh Nabi Muhammad SAW, yakni domba dan kambing.

BACA JUGA:Khodam Macan Emas Bisa Diperoleh dengan Amalan Berikut Ini, Karakternya Pemberani

Meski Nabi Muhammad mampu membeli seekor unta, namun ia lebih sering berkurban dengan puluhan domba dan kambing.

Mengapa Nabi Muhammad lebih memilih kambing dan domba untuk berkurban? Berikut penjelasan Ustaz Khalid Basamallah melalui channel YouTubenya:

Ustaz Khalid Basalamah mengungkapkan jika Nabi Muhammad kerap melakukan kurban dengan memilih kambing dan domba sebagai hewan kurban pilihannya.

Ia mengatakan, sekali berkurban Nabi Muhammad bisa menggunakan puluhan ekor kambing dan domba, neski secara ekonomi Rasul mampu menyembelih seekor unta.

BACA JUGA:PNS Lebong yang Dilaporkan Hilang Ditemukan di Sumsel Bersama Pria Lain

“Karena Nabi Shallallahu alaihi wassallam berkurban dengan kambing dan domba," ungkap Ustaz Khalid Basalamah.

Lebih lanjut ia mengungkapkan, ketika berkurban, Nabi Muhammad memilik domba yang berwarna hitam. Hal itu dipilih karena domba warna hitam terasa lebih afdhol.

Ustad Khalid juga mengaungkapkan, ada sebuah hadis riwayat Imam Bukhari yang menjelaskan alasan lain mengapa Nabi Muhammad memilih kambing dan domba untuk berkurban.

Yakni karena Nabi Muhammad menyukai rasa dari daging kambing. Untuk itu sangat dianjurkan untuk memakan daging kambing terutama bagian paha.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: