Iklan dempo dalam berita

Adakah Zaman Sekarang Gubernur Masuk Daftar Masyarakat Miskin Seperti Masa Khalifah Umar bin Khattab?

Adakah Zaman Sekarang Gubernur Masuk Daftar Masyarakat Miskin Seperti Masa Khalifah Umar bin Khattab?

Umar bin Khattab sosok pemimpin yang adil dan tegas--

Menerima kenyataan dipecat dari jabatan Panglima tidak membuat Khalid berang maupun marah, justru ia ikhlas karena Khalifah Umar justru lebih memahami itu. Khalid pun tetap setia mendampingi Khalifah Umar. 

 

Khalifah Umar memang dikenal dengan ketegasannya. Riwayat lain mengisahkan, suatu ketika Umar mendapat laporan bahwa putra Gubernur Mesir telah menempeleng seorang warga negara tanpa tanpa sebab berarti dibanding perlakuan yang telah didapatnya itu. 

 

Seketika, Umar segera memanggil sang Gubernur yang tak lain adalah Amr bin Ash untuk mengadapkan putranya dan mempertanggungjawabkan perbuatannya yang dinilai sewenang-wenang itu. 

 

Di hadapan Gubernur Mesir dan putranya itu, Khalifah Umar memperlihatkan ketegasannya dengan kata-kata yang hingga kini termasyhur menjadi sebuah doktrin. Umar berkata: "Ilaa mataa ista’badtum an naasa wa qod waladathum ummahatuhum ahroron? (Sampai kapan kalian memperbudak manusia, padahal mereka dilahirkan oleh ibu-ibu mereka dalam keadaan merdeka?)" 

 

Ketegasan Khalifah Umar kepada Amr bin Ash bukan kali itu saja. Amr bin Ash pernah berencana akan membangun sebuat masjid besar di tempat gubuk tersebut dan otomatis harus menggusur gubuk reot Yahudi itu. 

 

Lalu dipanggillah si Yahudi itu untuk diajak diskusi agar gubuk tersebut dibeli dan dibayar dua kali lipat. Akan tetapi si Yahudi tersebut bersikeras tidak mau pindah karena dia tidak punya tempat lain selain di situ. 

 

Karena sama-sama bersikeras, akhirnya turun perintah dari Gubernur Amr bin Ash untuk tetap menggusur gubuk tersebut. 

 

KH Abdurrahman Arroisi dalam salah satu jilid bukunya 30 Kisah Teladan (1989) menjelaskan, si Yahudi merasa dilakukan tidak adil, menangis berurai air matanya, kemudian dia melapor kepada khalifah, karena di atas gubernur masih ada yang lebih tinggi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: