Iklan dempo dalam berita

Tersiksa karena Sakit Pinggang, Berikut Penyebab dan Cara Pengobatannya

Tersiksa karena Sakit Pinggang, Berikut Penyebab dan Cara Pengobatannya

Penyebab dan pengobatan sakit pinggang--

Tetap beraktivitas

Saat sakit pinggang sangat berat, istirahat memang disarankan. Namun, terlalu banyak beristirahat dapat membuat otot pinggang melemah. Oleh sebab itu, tetap lakukan aktivitas dan olahraga ringan, seperti berjalan cepat, yoga atau berenang, serta lakukan peregangan otot. Namun, hindari aktivitas berat sampai gejala membaik.

 

Kompres dingin

Kompres area pinggang yang sakit dengan es untuk mengurangi bengkak saat sakit pinggang baru terjadi. Penting untuk diingat, bungkus es dengan handuk atau kantong es terlebih dahulu agar kulit tidak terluka. Lakukan kompres dingin dalam 2 sampai 3 hari.

 

Kompres hangat

Ganti kompres dingin dengan kompres hangat setelah 2–3 hari. Kompres hangat berguna untuk mengurangi peradangan, meningkatkan aliran darah, dan melemaskan otot. Lakukan kompres selama 20–30 menit, tiap 2 atau 3 jam.

 

BACA JUGA:Punya Tahi Lalat di Leher? Ini 10 Artinya Menurut Primbon Jawa, Hidup dalam Kemewahan

Obat pereda nyeri

Sakit pinggang bisa diredakan dengan beberapa obat yang dijual bebas, seperti paracetamol.

 

Bila langkah pengobatan secara mandiri tidak bisa meredakan gejala, segera periksakan diri ke dokter. Dokter dapat meresepkan sejumlah obat sakit pinggang berikut sesuai kondisi penderita dan penyebab sakit pinggang:

1. Obat pereda nyeri dalam bentuk krim, oral (minum), atau suntik

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: