Jelang Idul Adha Pedagang Daging Kebingungan, Modal Naik sedangkan Harga Jual Stabil

Senin 26-06-2023,16:31 WIB
Reporter : Novan Alqadri
Editor : Purnama Sakti

BENGKULU UTARA, RBTVCAMKOHA.COM - Kementerian Perdagangan (Kemendag) menyebut harga barang kebutuhan pokok cenderung stabil menjelang Idul Adha.

 

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengklaim telah berkunjung ke sejumlah daerah untuk memastikan kestabilan harga kebutuhan pokok di pasar. Menurutnya, tidak ada perbedaan harga bahan pokok yang signifikan di berbagai daerah.

 

Sebelumnya pemerintah telah menetapkan Idul Adha jatuh pada Kamis 29 Juni 2023.  H-4 Idul Adha, beberapa pedagang sapi mulai merasakan dampak kenaikan harga modal pembelian daging sapi.

BACA JUGA:Sekali Jatuh Cinta, Mereka Tanggal Lahir Ini Siap Berkorban untuk Pasangan

 

Di pasar Purwodadi Kecamatan Arga Makmur, Bengkulu Utara, Hartono salah seorang pedagang daging mengatakan, kenaikan harga modal pembelian daging sapi terjadi sejak awal Juni lalu.

 

Kenaikan harga modal pembelian berkisar hingga Rp 1 juta per ekor, mengikuti harga pasaran penjualan sapi kurban. Meski demikian dikatakan Hartono, pedagang tidak bisa menaikan harga jual daging ke konsumen di pasar, lantaran jumlah pembeli yang sedang sepi.

BACA JUGA:Cerdas dan Teliti, Shio Berikut Diramalkan Bakal Kaya Raya Tahun Ini

 

Saat ini harga daging sapi dijual paling mahal Rp 135 ribu per kilogram, dan biasanya harga modal pembelian sapi akan kembali normal diperkirakan satu bulan setelah perayaan Idul Adha.

 

“Harga tidak naik, stabil Rp 135 per kilogram, itu sudah paling tinggi. Sedangkan modal naik karena ngikut harga sapi kurban, dari biasanya 1 sampai 2 juta per ekor,” kata pedagang daging, Hartono.

Kategori :