11 Mitos Orang Tionghoa, Jadi Pengapit Pernikahan Maksimal 3 kali, Makan Onde-onde Sesuai Umur

Selasa 18-07-2023,17:41 WIB
Reporter : Tim liputan
Editor : Purnama Sakti

Ada beberapa jarak umur yang seharusnya dihindari, yaitu 3, 6, dan 9 tahun. Jadi, kalau misalnya jarak umur kamu sama pasangan 3, 6, atau 9 tahun, katanya hubungan percintaan kamu tidak akan lancar.

 

Bisa putus di tengah jalan dan kalau pun jadi menikah, kehidupan rumah tangga kamu tidak akan bahagia. Yang bagus itu adalah jarak umur 4 tahun. Karena, angka 4 itu seperti jumlah kaki meja yang menggambarkan dasar rumah tangga yang kokoh. 

 

5. Hindari angka 4, perbanyak angka 8

Jarak umur pasangan yang bedanya 4 tahun memang bagus, tapi angka 4 tidak bagus untuk kehidupan sehari-hari. Soalnya, pelafalan angka 4 di dalam bahasa Mandarin (si) mirip artinya sama kata ‘mati’. 

 

Kalau kamu lihat di mal-mal atau beberapa gedung, pemilik gedung biasanya tidak pakai angka 4 untuk menunjukkan letak lantai. Tapi mereka lebih suka pakai angka 3A untuk menggantikan angka 4.

BACA JUGA:7 Weton Pewaris Prabu Siliwangi, Sifat Baik Hati, Bijaksana dan Rezekinya Mengalir dari Tiap Penjuru

 

Sedangkan, angka 8 dipercaya bisa membawa keberuntungan. Hal ini dinilai berdasarkan filosofi angka 8 yang tidak berujung. Ketika kita menulis angka 8 saja, angka tersebut ditulis secara mengalir. Diharapkan sih, angka 8 juga membawa keberuntungan yang tidak pernah ada ujungnya. 

 

6. Makan onde-onde harus sesuai umur

Biasanya, tradisi ini dilakukan ketika hari Ibu (22 Desember). Di hari itu, para ibu-ibu tionghoa suka bikin onde-onde untuk keluarga mereka. Tapi, makan onde-ondenya tidak bisa sebanyak yang kita mau. Makan onde-ondenya harus sesuai dengan jumlah umur kita dan ditambah sebutir onde. 

 

Katanya sih biar kita hoki terus dan umur kita bertambah setahun. Seiring berjalannya waktu, tradisi ini sudah tidak terlalu diikuti banget, sih. Kadang ibu kita juga mengizinkan kita buat makan onde-onde sebanyak yang kita mau.

Kategori :