Alasan Tutup Pintu Rumah Waktu Maghrib, Kata Nabi SAW Waktu Itu Setan dan Jin Berkeliaran

Selasa 29-08-2023,22:50 WIB
Reporter : Tim liputan

Artinya: "Tutuplah pintu-pintu ketika malam, dan matikanlah lampu-lampu. Tutuplah bejana serta tempat makan dan minum, walau hanya engkau taruh sepotong kayu di atasnya." (HR Ahmad)

 

Dalam buku Sehari Semalam Bersama Rasulullah Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam oleh Daeng Naja, menutup pintu dan memasukkan anak-anak ke dalam rumah di waktu Maghrib termasuk ke dalam adab di samping upaya menjaga diri. Ketika Maghrib, banyak anak-anak dan rumah-rumah yang dihinggapi setan, sementara orang tua tidak menyadarinya.

Para setan yang mencari tempat berlindung ini melarikan diri dari setan lain yang memiliki kekuatan lebih besar. Mereka akan bergerak dengan cepat melebihi kecepatan manusia.

BACA JUGA:Keuangan sedang Sulit dan Pikiran Kusut, Perbanyak Baca Shalawat Nabi Berikut

Perlu dipahami, anjuran atau perintah menutup pintu ketika Maghrib tidak berlaku jika ada alasan darurat untuk membukanya. Adapun, doa yang dapat dibaca untuk melindungi diri dari godaan setan ialah kalimat audzubillah dengan bunyi sebagai berikut.

 

أَعُوْذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِِ

 

Arab latin: A'uudzubillaah himinas syaitoon nirrojiim

 

Artinya: "Aku berlindung kepada Allah dari godaan setan yang terkutuk."

 

Selain itu, bisa juga membaca ayat kursi yang tercantum dalam surat Al Baqarah ayat 255.

 

اَللّٰهُ لَآ اِلٰهَ اِلَّا هُوَۚ اَلْحَيُّ الْقَيُّوْمُ ەۚ لَا تَأْخُذُهٗ سِنَةٌ وَّلَا نَوْمٌۗ لَهٗ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَمَا فِى الْاَرْضِۗ مَنْ ذَا الَّذِيْ يَشْفَعُ عِنْدَهٗٓ اِلَّا بِاِذْنِهٖۗ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ اَيْدِيْهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْۚ وَلَا يُحِيْطُوْنَ بِشَيْءٍ مِّنْ عِلْمِهٖٓ اِلَّا بِمَا شَاۤءَۚ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَۚ وَلَا يَـُٔوْدُهٗ حِفْظُهُمَاۚ وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيْمُ - ٢٥٥

Kategori :