Jangan Asal Pilih BBM, Berikut Merek Mobil yang Cocok Menggunakan Pertalite

Sabtu 02-09-2023,04:44 WIB
Reporter : Tim liputan
Editor : Purnama Sakti

1. Tidak direkomendasikan mobil dengan mesin cc tinggi, khususnya mesin di atas 2.000 cc

2. Kualitas lebih rendah dibandingkan Pertamax yang memiliki tingkat RON 92

 

Satu hal yang perlu diperhatikan, banyak yang menganggap bahwa kekurangan dari Pertalite adalah daya tahan bensin yang tidak irit. Lantas, bila dibandingkan, apakah lebih irit Pertalite atau Pertamax?

 

Sebenarnya, Pertamax memang lebih irit daripada Pertalite. Namun hal ini juga tidak bisa dianggap sebagai kekurangan dari Pertalite. Pertalite tetap lebih irit  kalau dibandingkan dengan bahan bakar premium. 

 

Apa bedanya Pertamax dan Pertalite?

Pertamax dan Pertalite seringkali dibandingkan, karena keduanya yang paling umum digunakan pada kendaraan. Lantas, apa perbedaan Pertalite vs Pertamax?

BACA JUGA:Info Terbaru, Kata Menteri ESDM Pertamax Green 92 Belum Dijual Tahun Depan, Pertalite Masih Ada di SPBU

 

Dilihat dari segi tampilan, perbedaan Pertamax dan pertalite dapat dilihat dari warna cairan. Pertalite berwarna kehijauan, sedangkan Pertamax memiliki warna biru.

 

Hal lain yang juga paling banyak diketahui perbedaannya adalah dari segi nilai oktan (RON). Sekadar informasi, bilangan oktan adalah angka yang menunjukkan seberapa besar tekanan yang bisa diberikan sebelum bensin terbakar secara spontan.

 

Pertamax memiliki nilai oktan lebih tinggi yakni 92 dibanding pertalite di angka 90. Perbedaan lain dari segi kandungan lebih unggul juga dimiliki Pertamax, yang di dalamnya terdapat teknologi PERTATEC (Pertamina Technology). 

Kategori :