Sayangi Anak, Kecanduan Main Game Online Berbahaya, Ini 5 Cara Ampuh Mengatasinya

Minggu 01-10-2023,19:56 WIB
Reporter : Tim liputan

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa gadget telah menjadi kebutuhan sehari-hari kita. Bahkan anak-anak di bawah umur pun banyak yang kecanduan bermain game online.

Game online atau permainan yang memanfaatkan jaringan internet tidak hanya membuat kecanduan pada orang dewasa, melainkan juga terhadap anak-anak.

Para orang tua harus mengetahui tips mengatasi kecanduan game online pada anak, untuk mengurangi frekuensi bermain anak. Masalah kecanduan game online terhadap anak tidak bisa dianggap sepele. Sebab, jika dibiarkan bisa menghilangkan kemampuan pada fungsi otak mereka.

BACA JUGA:Semenit Gak Lihat HP Pusing 7 Keliling, Coba Lakukan 11 Cara Menyenangkan Ini Biar Bebas Candu Ponsel

Di antaranya membuat anak kehilangan fungsi atensi untuk berkonsentrasi, menghambat fungsi eksekutif untuk merencanakan sesuatu, dan fungsi inhibisi atau kemampuan untuk membatasi diri.

Efek lainnya mereka jadi sulit fokus pada sesuatu hal, memiliki emosi yang tidak stabil, dan tidak mengenali batasan fisik, sekaligus kehidupan sosial yang terganggu.

Ini Tanda Anak Kecanduan Game Online

Terdapat sejumlah tanda yang dapat terlihat pada anak yang kecanduan game online. Terutama jika anak tersebut sudah mulai kenal gadget sejak usia 1-2 tahun dan frekuensi screen time mereka tidak terkontrol.

BACA JUGA:Cairkan Dana Pensiun PNS di Taspen Tidak Ribet, Ini Cara Praktisnya

Ini tanda atau ciri-ciri anak yang sudah kecanduan bermain game online: 

• Tidak ada keinginan bermain di luar bersama teman-teman seusianya. 

• Dunia game online dianggap segalanya. 

• Gelisah atau tantrum apabila dalam satu hari melewatkan bermain game. 

• Menghabiskan banyak waktu hanya untuk bermain game. 

• Tidak nafsu makan. 

Kategori :