10 Ciri Rekan Anda Seorang Penjilat dan 10 Cara Bijak Menghadapinya

Senin 09-10-2023,20:22 WIB
Reporter : Tim liputan

BACA JUGA:Coba Pakai Cara Ini, Pinjaman Rp 100 Juta di BCA Bunga Rendah Bisa Cair

10. Iri Atas Pencapaian Orang Lain

Mungkin, penjilat adalah sosok yang pertama kali memberikan selamat kepadamu saat kamu mendapatkan suatu pencapaian.

Namun, sikap tersebut bisa saja hanyalah topeng dari ketidaksukaannya atas pencapaian yang kamu dapat tersebut. Hal ini dikarenakan penjilat selalu iri dengan orang lain yang lebih beruntung dibanding dia.

Berikut Ini Cara Menghadapi Rekan Kerja Penjilat

Menghadapi penjilat tidak bisa dilakukan dengan emosi. Karena penjilat adalah sosok yang akan dengan mudah memutar balikkan fakta, jika kamu menjadi korbannya, kamu tentu harus menyusun strategi yang baik.

BACA JUGA:Mau Ajukan KUR BRI di Atas Rp 50 Juta? Syarat Ini Wajib Ada

Namun, jika kamu bukan sosok yang menjadi target penjilat, kamu hanya perlu diam dalam menghadapi segala tingkah mereka. Nah, untuk lebih jelasnya cara menghadapi rekan kerja yang penjilat adalah sebagai berikut:

1. Fokus dengan Jobdesc

Kamu tidak perlu mengikuti arus di lingkungan kerja jika itu bukan tentang suatu hal yang terkait pekerjaan. Berikan energimu dengan sepenuhnya hanya untuk mengerjakan jobdesc yang harus kamu selesaikan.

2. Puji Pencapaian Rekan Kerja 

Fokus mengerjakan jobdesk bukan berarti tak acuh kepada lingkungan kantor. Berikan atensi pada rekan kerja yang memiliki pencapaian yang baik. Berikan pujian seperlunya, tidak perlu berlebihan.

Ini juga berlaku pada sosok penjilat yang memiliki pencapaian. Sebab, penjilat adalah orang yang cenderung langsung fokus pada orang yang tidak memberikan selamat padanya ketika dia memiliki kelebihan untuk dibanggakan.

BACA JUGA:Rumah Tetap Sejuk Tanpa AC Saat Panas Kemarau, Lakukan Saja 12 Cara Praktis Ini

3. Selalu Menilai dari Dua Sisi

Katakanlah kamu justru sosok yang disukai oleh penjilat dan dia akan dengan serius membicarakan rekan kerja lain di hadapanmu.

Kategori :