10 Ciri Rekan Anda Seorang Penjilat dan 10 Cara Bijak Menghadapinya

Senin 09-10-2023,20:22 WIB
Reporter : Tim liputan

Maka hal yang perlu kamu lakukan adalah jangan mempercayainya. Senantiasa nilai perkataan rekan kerja dengan analisis yang baik. Nilai dari dua sisi untuk membuktikan kebenaran dari suatu informasi.

4. Berkomunikasi dengan Rekan Seperlunya

Biasanya, penjilat adalah orang yang akan akrab dengan semua orang. Itu dilakukan sebagai caranya untuk mendapatkan berbagai informasi dengan mudah.

Agar terhindar dari target para penjilat, kamu bisa lakukan komunikasi seperlunya dengan rekan kerja lain. Hal ini bisa menjadi trik jitu untuk tetap mendekatkan kamu dengan rekan kerja lain, tetapi juga memiliki rem untuk bersosialisasi di kantor.

BACA JUGA:Pendaftaran Beasiswa Bakti BCA 2023 Dibuka Besok, Cek Syarat dan Benefitnya

5. Buktikan dengan Kinerja

Jika ternyata kamu mendengar kabar kurang baik tentang kamu, buktikan dengan kinerja kamu secara disiplin dan teliti.

Hindari buat kesalahan yang tidak perlu sehingga atasan dan rekan kerja lain bisa menilai sendiri bagaimana kemampuan kamu dalam mengerjakan suatu tanggung jawab.

Dengan begitu, kabar tak baik yang sengaja diembuskan oleh penjilat bisa menghilang secara natural.

6. Simpan Informasi Pribadi

Tidak perlu membeberkan siapa kamu secara detail kepada rekan kerja di kantor. Biarlah informasi pribadi kamu hanya diketahui oleh atasan dan bagian personalia untuk urusan perusahaan.

BACA JUGA:Mitos atau Fakta, Orang Sudah Meninggal Dunia Bisa Melihat Orang Masih Hidup?

7. Kurangi Curhat dengan Teman Kantor

Jangan jadikan rekan kerja sebagai musuh, tetapi juga jangan anggap mereka sebagai teman akrab. Sebab, kamu tidak akan pernah tahu bagaimana sifat seseorang, terlebih jika bersangkutan dengan karir.

Akan bahaya jika kamu mengeluhkan tentang rekan kerja lain kepada orang di kantor. Bisa jadi hal tersebut justru bocor dan kamu yang akan menanggung akibatnya.

8. Jangan Ikut Bergosip

Kategori :