Air Mineral pH Tinggi, Terbaik Eternal Plus dan Pristine, Bagaimana dengan Aqua, Le Minerale dan Equil?

Minggu 15-10-2023,17:37 WIB
Reporter : Tim liputan

Ini Dampak pH Air Minum Bagi Kesehatan

Kadar pH yang terdapat pada larutan air minum yang normal umumnya adalah 6 sampai 7. Selain air minum memiliki kandungan rendah, ada juga juga air minum dengan kadar lebih tinggi, yaitu 8 sampai 9.

Air minum dengan tinggi sering disebut dengan air alkali, dan beberapa orang mempercayai bahwa air ini baik untuk kesehatan.

Beberapa ahli meneliti air minum dengan tingkat derajat keasaman tinggi mengandung kalsium dan bikarbonat yang dapat menetralkan kadar asam dalam tubuh.

Kandungan tersebut memiliki manfaat dapat membantu menghambat resorpsi tulang, sehingga tulang tetap sehat dan kuat. Sedangkan air minum low lebih tinggi kadar asamnya, sehingga mengandung banyak logam beracun yang buruk bagi kesehatan tubuh.

Ini Manfaat Air Minum pH Tinggi (Alkali)

Beberapa studi menunjukkan hasil bahwa banyak manfaat daripada air minum pH tinggi atau air alkali. Air alkali dapat menurunkan tekanan darah tinggi, diabetes, kolesterol tinggi, dan lemak dalam tubuh.

Selain itu, air alkali juga dapat menonaktifkan pepsin dalam lambung secara permanen.

Berbeda dengan kadar alkali atau pH air minum yang tinggi berpotensi mengatasi atau bermanfaat untuk dehidrasi karena olahraga. Namun penelitian ini masih belum terbukti secara skala besar, sehingga masih perlu penelitian dan pengkajian lebih lanjut.

BACA JUGA:Dianggap Tidak Berguna, Begini Manfaat Lumut untuk Kesehatan dan Lingkungan

Efek Samping Air Alkali pH 7 up 

Meskipun memiliki banyak manfaat dan aman untuk diminum, air alkali juga memiliki efek samping setelah meminumnya. Kebanyakan minum air alkali dapat menyebabkan alkalosis metabolik yang dapat menurunkan jumlah kalsium bebas dalam tubuh.

Gejala yang timbul karena alkalosis antara lain mual, muntah, otot berkedut, kesemutan pada tangan, kaki, dan wajah, dan tangan gemetar.

Efek samping yang lain dari minum air alkali yang pH nya terlalu tinggi dapat menurunkan keasaman lambung yang alami.

Karena asam lambung alami berfungsi untuk memberantas kuman dan bakteri yang ada dalam aliran darah. Sama halnya dengan air minum derajat keasaman rendah yang juga cenderung kurang aman.

Total Dissolved Solid (TDS)

Kategori :