Air Mineral pH Tinggi, Terbaik Eternal Plus dan Pristine, Bagaimana dengan Aqua, Le Minerale dan Equil?

Minggu 15-10-2023,17:37 WIB
Reporter : Tim liputan

Selain kadar pH, parameter yang menjadi bahan penelitian dalam air minum adalah Total Dissolved Solid (TDS) atau total zat terlarut.

TDS menandakan jumlah larutan atau konsentrasi jumlah yang bermuatan positif (ion kation) dan bermuatan negatif (anion) di dalam air.

Jumlah zat yang terlarut dalam TDS digambarkan dengan Part Per Million (PPM) atau miligram per Liter (mg/L). Telah disebutkan bahwa kadar pH normal pada air minum atau jenis air bersih yang baik adalah berkisar 6,0-8,5,

BACA JUGA:Rahasia Terbongkar, Mau Rezeki Keluarga Mengalir Deras, Syaratnya Benda Ini Harus Ada di Dapur

Namun untuk parameter TDS tidak boleh lebih dari 500 ppm. TDS berkaitan dengan rasa air minum seperti rasa sangat baik, baik, dan tidak dapat diterima.

Untuk air minum dengan rasa sangat baik memiliki TDS kurang dari 300 mg/liter, baik TDSnya antara 300 sampai 600 mg/liter, dan tidak dapat diterima memiliki TDS lebih dari 1200 mg/liter.

PH dan TDS Dalam Minuman

Untuk mengukur derajat keasaman atau kebasaan dalam suatu larutan atau air minum dalam kemasan adalah menggunakan pH. Air murni dan memiliki kadar 7,0 bersifat netral pada suhu 25°C. Dan air minum rendah pH Airnya kurang dari 7,0

Air minum tersebut dikatakan bersifat asam, sedangkan jika lebih dari 7,0 dikatakan bersifat basa atau alkali. Minuman dengan pH antara 1,8 contohnya air jeruk nipis, pH hingga 8,5 misalnya soda kue,

Sedangkan minuman dengan pH 1,5 terdapat pada cairan lambung.

Menurut WHO, sebaiknya TDS yang ada pada air untuk dikonsumsi yang kita konsumsi di atas 100 ppm atau mg/l. TDS yang kurang dari 100 ppm, memang masih tergolong aman untuk diminum, namun masih kurang bervitamin. Pada umumnya, jika terjadi peningkatan TDS dalam air, maka akan menyebabkan peningkatan kesadahan dalam air.

BACA JUGA:Mengulik Keistimewaan Weton Sabtu Wage, Rezeki hingga Asmara Aman

Air Mineral

Banyaknya jenis air minum dalam kemasan yang beredar, membuat masyarakat makin akrab dengan jenis air minum termasuk air minum pH tinggi. Apalagi jika dilihat pascapandemi lalu, masyarakat makin peduli dengan pilihan dan kulitas air minumnya. Bagi yang memilih air minum pH tinggi untuk dikonsumsi sehari-hari, perhatikan hal-hal ini. 

1. Tingkat pH Air

Meski air minum pH tinggi ini mengandung pH yang lebih tinggi dari air mineral biasanya, perhatikan juga tingkat pH nya. Jika terlalu tinggi bisa menimbulkan efek samping yang disebut alkalosis metabolik. 

Kategori :