Iklan dempo dalam berita

Bocoran Tol Sumatera Penghubung Sumut-Aceh, HKI Percepat Konstruksi Segmen Tanjung Pura-Pangkalan Brandan

Bocoran Tol Sumatera Penghubung Sumut-Aceh, HKI Percepat Konstruksi Segmen Tanjung Pura-Pangkalan Brandan

bocoran Tol Sumatera penghubung Sumut-Aceh--Foto: ist

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Bocoran tol Sumatera penghubung Sumut-Aceh, HKI percepat konstruksi segmen Tanjung Pura-Pangkalan Brandan.

Jalan tol dikenal sebagai jalan yang bisa dilalui oleh kendaraan roda empat yang menghubungkan antar kota dan provinsi agar lebih cepat dan nyaman. Namun, sekarang tidak sedikit jalan tol dalam kota yang dibuat dengan jarak pendek untuk memperlancar arus lalu lintas.

BACA JUGA:Tol Bengkulu-Taba Penanjung Mayoritas Menggunakan Cor Beton, Apa Keuntungannya Dibanding Aspal?

Dibandingkan dengan jalan protokoler, Jakarta memiliki cukup banyak ruas jalan tol yang menghubungkan kawasan Jabodetabek. Jalan tol menjadi alternatif bagi Anda untuk mendatangi satu wilayah ke wilayah lainnya. 

Menurut PP No 15 Tahun 2005 tentang Jalan Tol, pengertian jalan tol adalah jalan umum yang merupakan bagian sistem jaringan jalan dan sebagai jalan nasional yang penggunanya diwajibkan membayar. Jalan tol sebagai bagian dari sistem jaringan jalan umum merupakan lintas alternatif, namun dalam keadaan tertentu jalan tol dapat tidak merupakan lintas alternatif.

Bocoran Tol Sumatera Penghubung Sumut-Aceh

PT Hutama Karya (Persero) terus mempercepat pembangunan Tol Trans Sumatera di beberapa segmen. Salah satu segmen yang dipercepat adalah di Provinsi Sumatera Utara yang akan terhubung dengan Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam (NAD).

BACA JUGA:Tol Banyung Lencir-Tempino Tuntas, Jarak Palembang-Jambi Terpangkas 4 Jam

HKI melanjutkan konstruksi Jalan Tol Binjai Pangkalan Brandan. 

Sebelumnya, HKI telah menyelesaikan segmen Binjai - Stabat (12,5 km) yang dioperasikan pada tahun 2022 dan segmen Stabat - Kuala Bingai - Tanjung Pura (25 km) yang menyusul beroperasi pada tahun 2023. 

Saat ini, HKI tengah mempercepat konstruksi segmen Tanjung Pura-Pangkalan Brandan sepanjang 19,36 km yang merupakan pintu masuk ke Provinsi Aceh.

Direktur Operasi III HKI Aditya Novendra mengatakan bahwa hingga akhir Mei 2024, progres penyelesaian segmen Tanjung Pura - Pangkalan Brandan sudah mencapai 92,05%.

BACA JUGA:Lebih Irit, Ini Perbandingan Jarak Tempuh Bengkulu-Palembang Lewat Tol dan Jalan Biasa

"Jalan tol ini direncanakan memiliki 2 (dua) gerbang tol yang masing-masing terletak di Tanjung Pura dan Pangkalan Brandan. Dengan panjang total 57 km, Jalan Tol Binjai - Pangkalan Brandan dapat segera rampung secara menyeluruh di tahun ini," ungkap Aditya dalam keterangannya, Rabu (2/7/2024) dilansir dari cnbc Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: