Iklan RBTV Dalam Berita

Bocoran Tol Sumatera Penghubung Sumut-Aceh, HKI Percepat Konstruksi Segmen Tanjung Pura-Pangkalan Brandan

Bocoran Tol Sumatera Penghubung Sumut-Aceh, HKI Percepat Konstruksi Segmen Tanjung Pura-Pangkalan Brandan

bocoran Tol Sumatera penghubung Sumut-Aceh--Foto: ist

Ia mengaku, sebelumnya telah menerima PMN 2024 sebesar Rp 13,42 triliun untuk membantu menyelesaikan ruas tol Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) tersebut.

Nantinya, alokasi PMN yang sebesar Rp 1 triliun tersebut akan digunakan untuk meningkatkan struktur permodalan perseroan dalam rangka melakukan penugasan pengusahaan JTTS Palembang-Betung. Budi menjelaskan lebih jauh, keberadaan Tol Kapal Betung sangat penting dalam menyelesaikan backbone atau tulang punggung JTTS dari Bakauheni sampai dengan Jambi.

BACA JUGA:Proyek Jalan Tol Lubuk Linggau-Curup-Bengkulu Sepanjang 95,8 KM, Tinggal Menunggu Lanjutan Seksi 1 dan 2

Dia pun menargetkan ruas tersebut selesai pada Triwulan III tahun 2025. Dia menjelaskan proyek JTTS memiliki total panjang 2.854 km dan dibagi ke dalam 4 tahapan. Tahap 1 sampai dengan saat ini terdapat 9 ruas telah beroperasi secara penuh dan sisanya akan operasi juga konstruksi.

Tahap 2 merupakan backbone yang menghubungkan Palembang dengan Pekanbaru. Lalu tahap 3 merupakan backbone berkelanjutan yang akan menghubungkan Pekanbaru sampai Aceh, dan tahap 4 merupakan ruas border.

"Sampai 25 Juni 2024 HK telah membangun 800 km serta direncanakan sebagian tahap 2 selesai 2024 ini," jelasnya.

Berdasarkan kajian yang telah dilakukan dengan menggandeng konsultan eksternal, pembangunan ruas jalan tel Palembang-Betung layak secara ekonomi dan akan memberikan dampak multiplier efek, antara lain seperti menurunkan biaya logistik, penyerapan tenaga kerja bagi masyarakat di sekitar jalan tol, dan meningkatnya pendapatan daerah yang juga membantu pertumbuhan ekonomi secara nasional.

BACA JUGA:Informasi Terbaru, Segini Sisah Progres Pembangunan Tol Palembang-Lubuklinggau Sejauh 297 KM

Jalan Tol Kapalbetung dikelola oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Waskita Sriwijaya Tol dan dibangun dengan biaya investasi sebesar Rp22,16 Triliun. Nantinya, Jalan Tol ini akan melintasi 3 Kabupaten yakni Kabupaten Ogan Komering Ilir, Kabupaten Ogan Ilir, dan Kabupaten Banyuasin, serta melintasi Kota Palembang.

Penyelesaian Jalan Tol Kapalbetung akan dilanjutkan dengan rencana konstruksi Jalan Tol Betung - Tempino - Jambi dengan komposisi Seksi 1 Betung - Tungkal Jaya, Seksi 2 Tungkal Jaya - Bayung Lencir. Lalu, Seksi 3 Bayung Lencir - Tempino dan Seksi 4 Tempino - Jambi/Simpang Ness. Menuju Jambi, antara Bayung Lencir sampai Tempino (Seksi 3) sepanjang 33 km sudah mulai dikerjakan dengan progres 77%. Target selesai ruas Bayung Lencir - Tempino pada Juli 2024 ini dan bisa diresmikan secara parsial.

Itulah informasi bocoran Tol Sumatera penghubung Sumut-Aceh, HKI percepat konstruksi segmen Tanjung Pura-Pangkalan Brandan.

 

(Novan)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: