Palung Mariana Tempat Terdalam di Bumi, Ada Sosok Setan Mendiami Area Itu

Senin 16-10-2023,08:44 WIB
Reporter : Tim liputan
Editor : Purnama Sakti

3. Ikan Naga Laut Dalam

Dengan panjang 15 centimeter, ikan naga (Aristostomias scintillans) memiliki rahang besar mirip Venom di film Marvel. Rahang mereka mampu memanjang dan membuka melebihi kemampuan rahang ikan pada umumnya. Rahang dan mulutnya dilapisi dengan puluhan gigi taring yang tajam.

4. Hiu Goblin

Hiu goblin (Mitsukurina owstoni) adalah satu-satunya Mitsukurinidae yang masih hidup, berusia sekitar 125 juta tahun. Beberapa kali nelayan pernah menangkap hiu goblin. 

Hewan ini pertama kali dideskripsikan lebih dari 100 tahun lalu. Namun, hanya sedikit yang diketahui karena hidup di tempat yang tidak bisa dijangkau manusia.

BACA JUGA:Mau Dapat Rice Cooker Gratis Pemerintah? Ini Syarat yang Harus Dipenuhi

Hiu goblin memiliki sistem sensorik dikenal sebagai ampullae of Lorenzini di moncongnya. Sistem sensorik ini dapat mendeteksi impuls listrik yang lemah di dalam air, seperti denyut nadi calon mangsa yang lewat. 

Ketika mangsa lewat di dekatnya, rahang hiu goblin bakal maju ke depan secara sporadis, menusuknya dengan gigi seperti jarum.

5. Barreleye

Barreleye punya bentuk fisik lumayan aneh, ia memiliki mata petet berbentuk tabung dengan kepala transparan. 

Mata tabung barreleye dapat berputar di dalam ‘batok’ transparan yang menutupi kepalanya, memungkinkan mereka mengintai mangsa potensial atau fokus ke depan untuk melihat apa yang akan ia makan.

Mata barreleye tidak hanya terlihat aneh, tetapi juga berwarna hijau. Menurut peneliti warna hijau membantu ikan menyaring sinar matahari dari permukaan. Ini juga kemungkinan membantu mereka untuk melihat cahaya bioluminescent mangsanya.

BACA JUGA:Dikira Perawatan ke Salon, Ternyata Kuku Sehat dan Berkilau Cuma Pakai Bahan Alami Ini

Mereka menggunakan mata tubular ultra-sensitif untuk mencari siluet samar mangsa di atas kepalanya. Mata barreleye yang berbentuk tabung membuat mereka memiliki jarak pandang yang cukup sempit. 

Tapi uniknya, mata mereka bisa berputar. Hal inilah yang membuat ahli biologi kelautan percaya bahwa mata barreleye bisa melirik ke atas untuk melihat bayangan samar mangsa potensial, kemudian mengarahkan matanya ke depan saat ia perlahan naik untuk menemui korbannya.

Demikian ulasan tentang hewan yang menjadi penunggu Palung Mariana. Semoga bermanfaat.

Kategori :