Ini Keutamaan Surat Al Kahfi yang Banyak Orang Tidak Tahu

Rabu 18-10-2023,05:06 WIB
Reporter : Tim liputan
Editor : Purnama Sakti

Cara mendoakan untuk orang sakit yang berikutnya adalah berjabat tangan. Hal ini sebagaimana yang diajarkan oleh Nabi Muhamad, yakni menjabat tangan, memegang kening, tangan, atau bagian tubuh lainnya dari orang yang sedang sakit. Hal ini dilakukan sebagai wujud kasih sayang dan perhatian. 

BACA JUGA:Kalimat Ini Pendek dan Mudah Dibaca, Namun Pahalanya Sama Seperti Dzikir Sepanjang Malam

Rasulullah bersabda; "Merupakan kesempurnaan menjenguk orang yang sakit adalah salah seorang kalian meletakkan tangannya pada wajahnya atau tangannya, kemudian bertanya bagaimana keadaannya. Dan, kesempurnaan penghormatan di antara kalian adalah berjabat tangan." (HR Ahmad dan Thabrani).

5. Bertanya kondisi penyakitnya

Cara mendoakan untuk orang sakit yang berikutnya adalah bertanya kondisi penyakitnya. Dengan begitu, Anda sudah menunjukkan bentuk kepedulian terhadap sesama dan mencoba memahami kondisi pasien.

6. Hibur orang yang sedang sakit

Cara mendoakan untuk orang sakit yang berikutnya adalah menghibur orang yang sedang sakit. Hal ini untuk memberikan semangat dan dapat membantu mereka merasa lebih yakin untuk bisa sembuh, dan merasakan emosi yang lebih positif meski tengah diuji dengan penyakit. 

BACA JUGA:Setelah Sholat Dhuha Jangan Lupa Baca Dzikir Ini, Mudah-mudahan Rezeki Menjadi Mudah

Untuk diketahui menjenguk orang sakit termasuk salah satu hak seorang muslim terhadap muslim lainnya.

Adapun hukum menjenguk orang sakit yang diungkapkan oleh para ulama, seperti Imam At-Thabari berpendapat bahwa menjenguk orang sakit hukumnya adalah sunnah muakadah (yang sangat ditekankan). Sementara menurut Ibnu Taimiyah, menjenguk orang sakit hukumnya fardu kifayah.

 

Tim liputan

Kategori :