Hemat BBM, Pria Ini Ciptakan Bahan Bakar Kendaraan Sekali Isi Cukup untuk 100 Tahun

Selasa 24-10-2023,10:36 WIB
Reporter : Tim liputan
Editor : Purnama Sakti

Hal ini menjadi penting, mengingat pada model konsepnya pun mobil ini menggendong reaktor di bagian belakangnya yang cukup besar. Uniknya meski masih berupa model termasuk reaktornya, Ford Nucleon diperkirakan dapat menempuh jarak sekitar 8 ribu Km dalam sekali pengisian daya.

BACA JUGA:Baru Tahu Ternyata Ini Alasannya Kenapa Sholat Jenazah Tidak Pakai Rukuk dan Sujud

Lebih uniknya lagi jika sudah mencapai jarak itu, ketimbang mengisi ulang bahan bakar (layaknya mengisi bensin), Ford Nuclear disiapkan dapat beroperasi dengan penggantian reaktor lama dengan yang baru.

Model dari Ford Nucleon sendiri sampai saat ini masih ada dan bisa ditemukan di Henry Ford Museum di Dearborn, Michigan.

2. Arbel Symetric

Konsep mobil ini berasal dari Prancis pada kisaran tahun 1950-an. Di awali dengan hadirnya sebuah perusaaan bernama Compagnie Normande d'Etudes pour l'Application de Procédés Mécaniques.

Perusahaan satu ini mengaku mengkhususkan diri dalam aplikasi proses mekanik sehingga mobil menjadi salah satu fokusnya. Produk pertama yang dihadirkan perusahaan ini adalah sebuah mobil hybrid (dengan motor listrik dan mesin bahan bakar) yang dinamai Arbel. 

BACA JUGA:Kemarau Belum Berakhir, Penting Tahu Ini Cara Memilih dan Jenis Pompa Air yang Cocok untuk Rumah

Keistimewaan mobil ini adalah bodinya yang terbuat dari bahan fiberglass dengan kapasitas delapan orang penumpang. Cukup hebat untuk ukuran kendaraan yang diproduksi terbatas pada tahun 1951.

Selang tujuh tahun, pada gelaran Geneva Motor Show, Arbel Symetric, generasi kedua mobil ini dihadirkan. Mesin hibrida pada mobil ini diganti dengan generator thermal nuklir 40 kW yang disebut sebagai genestatom.

Sayangnya lembaga regulasi di Prancis kala itu tidak mengizinkan Arbel Symetric untuk mengaspal.

3. Simca Fulgur

Orang-orang Prancis sepertinya punya ketertarikan khusus pada mobil bertenaga nuklir. Simca sebuah perusahaan yang dibuat oleh Fiat pada tahun 1935 tidak mau ketinggalan untuk menghadirkan kendaraan bertenaga energi atom.

Uniknya Simca Fulgur diperkenalkan setahun setelah Arbel Symetric, tepatnya pada Geneva Motor Show 1959. Mobil ini sendiri adalah gambaran pabrikan atas mobil pada tahun 2000. 

4. Studebaker Packard Astral 

Dari semua ide mengenai mobil nuklir, Studebaker Packard Astral bisa jadi yang paling ambisius. Konsep mobil nuklir yang satu ini diperkenalkan juga pada tahun 1958.

Kategori :