Hemat BBM, Pria Ini Ciptakan Bahan Bakar Kendaraan Sekali Isi Cukup untuk 100 Tahun

Selasa 24-10-2023,10:36 WIB
Reporter : Tim liputan
Editor : Purnama Sakti

BACA JUGA:Insyaallah Usaha Berkah dan Lancar, Ini Rekomendasi Nama Toko yang Islami Bisa Ditiru

Disebut juga akan memanfaatkan mesin bertenaga senyawa ionik, mobil konsep yang satu ini sebenarnya sudah memikirkan perlindungan bagi penumpang dari radiasi mesin lewat sebuah teknologi yang disebut sebagai tirai energi. 

Konsep teknologi yang kemudian memang dikembangkan menjadi sesuatu yang kini kita sebut sebagai medan gaya.

Namun ide gila pada mobil konsep ini bukan hanya pada mesin nuklirnya tapi juga pada desain mobil yang hanya memiliki satu buah roda dan memanfaatkan gyroscope untuk menstabilkan kendaraan.

Mengutip Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan), pengembangan mobil bertenaga nuklir sebetulnya layak dipertimbangkan. Karena ketika diproduksi dengan baik, maka energi nuklir relatif aman, bersih, dan terjangkau.

Salah satu kemungkinan bentuk bahan bakar nuklir untuk mobil adalah hidron berbahan bakar nuklir, artinya bahan bakar hidrogen diproduksi dengan menggunakan energi nuklir yang bersih, aman, dan terjangkau, mengutip laman resmi Batan.

BACA JUGA:Berkat Kerja Keras dan Usaha, Pemilik 8 Tanggal Lahir Ini Jadi Orang Kaya Sebelum Usia 40 tahun

Reaktor nuklir selain untuk pembangkit listrik juga dapat digunakan untuk mengisi baterai kendaraan bermotor dengan sangat efisien. Ada sejumlah manfaat apabila memproduksi mobil bertenaga nuklir, yaitu efisien dalam pengisian bahan bakar, serta kemungkinan pengisian bahan bakar terjadi setiap tiga sampai lima tahun sekali, hingga tidak menghasilkan emisi.

Kemudian, manfaat lainnya adalah volume bahan bakar yang lebih sedikit. Sebagai perbandingan 1 pon uranium dapat menggerakkan sebuah kapal induk atau kapal selam.

Namun yang masih menjadi kendala hingga saat ini adalah bagaimana desain kapsul bahan bakar nuklir dikemas agar aman dan tahan terhadap tekanan mekanis, gempa, dan risiko kecelakaan.

 

Tim liputan

Kategori :