2 Agama Terbesar di Dunia, Tahukah Kamu Ternyata 2 miliar Lebih adalah Penganut Agama ini?

Jumat 03-11-2023,03:03 WIB
Reporter : Tim
Editor : Agus Faizar

BACA JUGA:Kalau Ada 2 Benda Ini di Dalam Rumah Segera Musnahkan, Kata UAH Bisa Jadi Penghalang Rezeki

3. Hindu

Agama Hindu menjadi yang ketiga terbesar di seluruh dunia. Asal muasal agama Hindu, yang memiliki 1,1 miliar pengikut, sulit dijabarkan karena bermula dari penggabungan berbagai kepercayaan.

Resmi terbentuk antara tahun 2300 Sebelum Masehi (SM) dan 1500 SM, Lembah Indus dekat Pakistan modern adalah lokasi pertama kali berkembangnya agama ini.

BACA JUGA:Banyak Yang Belum Tahu, Rumus Agar Rezeki Mengalir Deras Menurut Alquran, Kata UAH Syaratnya Cuma Ini

Biasanya dianggap sebagai 'agama dengan 330 juta dewa', mayoritas umat Hindu hanya menyembah satu dewa, meskipun mereka menerima keberadaan dewa lain.

4. Buddha

Agama Buddha dianut sekitar 500 juta orang di seluruh dunia. China memiliki jumlah umat Buddha paling banyak di dunia mencapai 244 juta. Selanjutnya adalah Thailand dengan 64,4 juta dan disusul Jepang dengan 45,8 juta umat.

Tujuan agama ini adalah mencapai pencerahan yang disebut Nirwana, melalui meditasi, kebaikan, dan kerja keras.

BACA JUGA:Baca Amalan Ini 3 Kali Sehari, Kata Gus Baha Pelakunya Akan Diganjar Rezeki Berlimpah

5. Shinto

Shinto tercatat memiliki 104 juta pengikut atau umat. Agama yang berasal dari Jepang ini berfokus pada leluhur dan alam.

Meski begitu, agama ini diketahui tidak memiliki doktrin atau cerita asal usul yang pasti. Sederhananya, kepercayaan Shinto condong pada konsep personifikasi.

6. Sikhisme

Kepercayaan ini relatif baru dibandingkan dengan banyak agama lain, namun memiliki penganut sebanyak 25 juta orang. Sikhisme lahir di India pada 1500-an Masehi dari ajaran Guru Nanak dan sembilan penerusnya.

Saat ini, pengikutnya berorganisasi untuk mempromosikan prinsip-prinsip egaliter universal dan percaya bahwa semua agama pada akhirnya menyembah Tuhan yang tunggal.

Kategori :