Para Mama Wajib Tahu, Terapkan 9 Pola Hidup Sehat Berikut agar Selama Hamil hingga Lahiran Jauh dari Stres

Jumat 01-12-2023,12:40 WIB
Reporter : Putri Nurhidayati

Selain itu, pilih juga makanan yang bernutrisi sejak awal kehamilan karena dapat membantu mempersiapkan kesehatan ibu hamil menjelang persalinan.

Tidak lupa, asupan makanan bergizi dapat membantu menjaga berat janin tetap sehat serta mencegah risiko bayi mengalami cacat lahir.

BACA JUGA:Sudah Banyak Semprot tapi Aromanya Mudah Hilang? Begini Cara Menggunakan Parfum agar Wangi Tahan Lama

Makanan bernutrisi yang bisa untuk dikonsumsi ibu hamil seperti makanan berprotein, makanan yang mengandung vitamin C, makanan dan minuman mengandung kalsium, makanan yang kaya zat besi, makanan yang mengandung lemak sehat, makanan yang mengandung asam folat.

Sementara itu, agar kesehatan ibu hamil tetap terjaga, hindari makan daging setengah matang, jeroan hewan, dan makanan cepat saji yang tinggi lemak trans selama ibu hamil menjalani pola hidup sehat.

BACA JUGA:7 Alasan Mengapa Harus Servis Rutin Sepeda Motor, 8 Oli Matic Terbaik Untuk Honda Vario 

3. Olahraga rutin

Jangan jadikan kehamilan sebagai alasan untuk tidak berolahraga. Olahraga masih menjadi bagian penting dari pola hidup sehat ibu hamil untuk menjaga kesehatan selama kehamilan.

Olahraga membantu melancarkan sirkulasi darah serta oksigen dalam tubuh, memperkuat otot, dan mengurangi stres saat hamil. Olahraga juga mendukung kecerdasan bayi sejak dalam kandungan.

Ada banyak pilihan olahraga yang yang ringan serta aman untuk ibu hamil seperti jalan santai, renang, atau bahkan yoga.

BACA JUGA:7 Alasan Mengapa Harus Servis Rutin Sepeda Motor, 8 Oli Matic Terbaik Untuk Honda Vario

4. Cukup minum air putih

Untuk menjaga kesehatan ibu hamil, dianjurkan cukup minum air putih cukup setiap hari. Asupan cairan yang mencukupi akan membantu melancarkan aliran darah dari jantung ke seluruh tubuh, termasuk ke dalam rahim untuk diterima oleh janin. Selain itu, minum air putih juga bisa meningkatkan sistem imun kesehatan. Usahakan minum air 8 sampai 10 gelas sehari.

BACA JUGA:Ini Ternyata Kronologi Lengkap Pelajar yang Nekat Habisi Nyawa Teman Akrabnya di Kamar Kos

5. Berhenti merokok dan minum alkohol

Merokok dan minum alkohol saat hamil dapat meningkatkan risiko keguguran. Dua kebiasaan buruk ini juga dapat meningkatkan risiko bayi lahir prematur, lahir mati, lahir cacat, atau lahir dengan berat badan rendah. Maka, pastikan menjalani pola hidup sehat ibu hamil yang bebas rokok dan alkohol.

Kategori :