Para Mama Wajib Tahu, Terapkan 9 Pola Hidup Sehat Berikut agar Selama Hamil hingga Lahiran Jauh dari Stres

Jumat 01-12-2023,12:40 WIB
Reporter : Putri Nurhidayati

6. Menjaga berat badan tetap ideal

Setiap wanita yang sedang mengandung dianjurkan untuk makan makanan bergizi demi kesehatan ibu saat hamil. Selain untuk menjaga kesehatan, makan teratur juga bertujuan untuk menambah berat badan ibu hamil agar ideal.

BACA JUGA:Loker Terbaru, PT Garuda Daya Pratama Sejahtera Cari Karyawan Baru, Termasuk Lulusan SMA

Ibu yang punya berat badan normal sebelum hamil disarankan untuk menaikkan berat badan hingga 11,5-16 kg selama hamil. Sementara jika memiliki berat badan yang sangat kurus sejak sebelum hamil harus ditambah 13-18 kg selama hamil.

Namun, bukan berarti ibu hamil bisa makan sebanyak-banyaknya. Frekuensi waktu makan, porsi, dan jenis makanannya harus benar-benar diperhatikan agar tidak sampai kelebihan berat badan dan mengganggu kesehatan ibu hamil.

BACA JUGA:Ini Ternyata Kronologi Lengkap Pelajar yang Nekat Habisi Nyawa Teman Akrabnya di Kamar Kos

Kelebihan berat badan saat hamil dapat mengacaukan pola hidup sehat Ibu yang telah dijalankan. Maka, sebaiknya konsultasi ke dokter kandungan untuk mendapatkan rekomendasi bagaimana cara menjaga berat badan ideal saat hamil.

7. Rajin cuci tangan

Rajin cuci tangan dapat membantu membunuh kuman dan bakteri penyebab penyakit yang rawan menyerang selama kehamilan. Berbagai bakteri yang rentang menyerang yaitu, streptokokus Grup B, cytomegalovirus, hingga toksoplasmosis.

Infeksi serius tertentu yang dialami ibu saat hamil dapat meningkatkan risiko komplikasi serta risiko bayi lahir cacat.

BACA JUGA:Legenda Pesut Mahakam, Cerita Rakyat dari Kalimantan Timur yang Jarang Terekspose

8. Tidur cukup

Salah satu bagian penting dari pola hidup sehat ibu hamil yang sering terlupakan adalah cukup tidur. Kurang tidur selama kehamilan dikaitkan dengan komplikasi seperti preeklampsia dan berisiko lahir caesar.

Solusinya, segera tidurlah begitu merasa capek atau ngantuk. Sering-seringlah tidur siang untuk mencukupi waktu tidur. Ibu hamil sebenarnya malah dianjurkan untuk tidur malam lebih lama dari biasanya selama trimester pertama kehamilan. Banyak tidur juga dianjurkan untuk membantu proses persalinan lebih lancar dan membuat kesehatan ibu hamil terjaga dengan baik.

BACA JUGA:Loker Terbaru, PT Garuda Daya Pratama Sejahtera Cari Karyawan Baru, Termasuk Lulusan SMA

9. Hindari stres berlebih

Kategori :