Dikasih Pisang Belum Masak, Gunakan 6 Tips Pemeraman Ini Supaya Pisang Cepat Menguning

Jumat 08-12-2023,16:48 WIB
Reporter : Aziz Shadiq Ghaniy
Editor : Agus Faizar

Itulah beberapa tips yang dapat anda coba dirumah untuk mempercepat proses pematangaan buah pisang dengan metode sederahana. 

5. Simpan Pisang Persisir

Untuk membantu mempercepat pematangan pada pisang, anda dapat menyimpan pisang dalam suhu ruang. Anda dapat menyimpan pisang persisir, usahakan untuk tidak memisahkan pisang satu persatu. Hal ini akan membuat gas yang dihasilkan pisang pisang lain saling membantu mempercepat proses pematangan. Kamu juga dapat meletakan pisang dalam mangkuk buah lainya, agar gas etilen gabungan dari buah lainnya bisa membantu pisang matang secara merata dengan lebih cepat. Pastikan kamu periksa setiap hari supaya tingkat kematangan pisang pas dengan keinginan anda.

6. Bungkus Menggunakan Plastik 

Dan cara terakhir yang dapat anda coba untuk mematangkan pisang adalah dengan membungkus pisang menggunakan plastik. Cara ini cukup mudah untuk kamu lakukan. Anda hanya perlu membungkus dengan sangat rapat dan letakkan pada ruangan yang hangat. Pisang yang berada dalam suhu hangat atau panas bisa membantu mempercepat proses pematangan. Tunggu pisang selama beberapa hari dan jangan lupa untuk selalu mengecek pisang ini, agar tidak menjadi lembek karena terlalu matang. 

BACA JUGA:Suka Makan Buah Alpukat? Ada Cara Mudah agar Alpukat Cepat Matang, Cukup Pakai Tisu dan Tusuk Gigi

Mempercepat proses pematangan pisang dapat anda lakukan dengan beberapa tips dan trik yang sudah kita bahas di atas. Penggunaan tomat, penempatan pisang dalam kantong kertas, paparan suhu hangat, serta penggunaan wadah alternatif lainnya, semuanya dapat membantu mempercepat proses pematangan pisang dengan cara yang sederhana serta efektif untuk anda coba. Namun, penting juga untuk memantau pisang secara teratur agar tidak terlalu matang dan tetap mempertahankan kualitasnya sehingga anda dapat mengonsumsi pisang dengan kualitas terbaik.

(Aziz Shadiq Ghaniy)

Kategori :