9 Cara Menjaga Kesehatan Jantung, Rupanya Duduk Terlalu Lama Rentan Menyebabkan Sakit Jantung

Jumat 15-12-2023,21:57 WIB
Reporter : Putri Nurhidayati
Editor : Agus Faizar

3. Batasi makanan berlemak

Lemak memang dibutuhkan bagi tubuh, sebagai sumber energi cadangan dan membantu menyerap nutrisi pada makanan. Namun, tidak semua lemak itu bagi kesehatan tubuh. Ada juga jenis lemak dari makanan yang perlu dibatasi asupannya, yakni lemak jenuh.

Jenis lemak ini hanya dapat menyebabkan kadar kolesterol dalam tubuh menjadi tinggi, dan akhirnya membentuk plak pada pembuluh darah dan jantung, sehingga buruk untuk kesehatan jantung.

Jadi, cara menjaga kesehatan jantung terkait hal ini adalah dengan membatasi makanan yang mengandung lemak jenuh. Sebagai contoh makanan tinggi lemak adalah gorengan atau jeroan sapi dan ayam.

BACA JUGA:Gak Perlu Rutin ke Rumah Sakit, Cukup Minum Air Rebusan Bawang Putih Bisa Bantu Perangi Penyakit Jantung

4. Cukup tidur

Cara menjaga kesehatan jantung berikutnya adalah dengan menjaga kualitas tidur. Jangan biasakan tidur larut malam dan bangun siang hari, atau begadang tanpa tujuan yang jelas.

Perlu untuk diketahui bahwa tidur adalah waktu bagi tubuh untuk beristirahat. Jika sering tidur larut malam atau kebiasaan begadang, maka jam biologis tubuh akan rusak. Kondisi ini bisa menyebabkan tekanan darah menjadi naik dan peradangan, sehingga bisa meningkatkan risiko penyakit jantung.

Jadi, cobalah untuk tidur lebih awal dan bangun pagi hari, serta jauhkan segala hal yang dapat mengganggu tidur pada malam hari. Pastikan untuk tidur setidaknya 7-8 jam per hari.

BACA JUGA:Dapat Memicu Stroke dan Penyakit Jantung, Ini 6 Efek Samping Mengonsumsi Santan Berlebihan

5. Jaga kesehatan mulut

Masalah di jantung bisa terjadi ketika terjadi gejala penyakit seperti gusi, mulut, dan gigi yang bertambah parah dan tidak mendapat perawatan. Ketika bertambah parah, baik itu bakteri maupun jamur bisa berpindah ke aliran darah dan meningkatkan protein C-reaktif. Protein ini bisa menimbulkan peradangan pada pembuluh darah sekitar jantung.

Oleh karena itu, cara mudah untuk menjaga kesehatan jantung adalah dengan menjaga kesehatan mulut. Cobalah untuk menggosok gigi 2 kali secara rutin, pagi sebelum sarapan dan malam hari sebelum tidur. Bersihkan juga gigi menggunakan flossing atau menggunakan benang gigi.

BACA JUGA:Tidak hanya Sekadar Penghilang Dahaga, Ini Manfaat Luar Biasa Air Kelapa Muda, Mencegah Penyakit Jantung

6. Berhenti merokok dan menghirup asap rokok

Rokok dapat menyebabkan penyakit jantung, karena bahan kimia yang ada pada rokok bisa mendorong pembentukan plak pada pembuluh arteri di jantung. Plak ini bisa menumpuk seiring waktu dan menyumbat aliran darah sehingga bisa menyebabkan penyakit jantung nantinya.

Kategori :