9 Cara Menjaga Kesehatan Jantung, Rupanya Duduk Terlalu Lama Rentan Menyebabkan Sakit Jantung

Jumat 15-12-2023,21:57 WIB
Reporter : Putri Nurhidayati
Editor : Agus Faizar

Untuk itu, sebaiknya hindari merokok. Serta hindari juga untuk berdekatan dengan orang yang sedang merokok agar terhindar dari asapnya.

BACA JUGA:Bagi yang Suka Jus Semangka, Berikut Segudang Manfaatnya, Termasuk Meningkatkan Kesehatan Jantung

7. Perbanyak makan sayur dan buah

Sayur dan buah merupakan sumber vitamin dan mineral untuk tubuh. Selain itu, jenis makanan ini mengandung senyawa antioksidan yang bisa mencegah peradangan, kaya serat, dan rendah kalori. Kandungan nutrisinya ini dapat membantu untuk menjaga kesehatan jantung.

maka dari itu, baik untuk menambahkan berbagai jenis sayur sebagai menu makan, dan buah-buahan sebagai camilan sehat. Jangan lupa, cuci sayur dan buah tersebut lebih dahulu dengan air mengalir sebelum dimakan.

BACA JUGA:Dianggap Tanaman Liar, Ini 8 Manfaat Tak Terduga Akar Alang-alang, Bagus untuk Jantung

8. Kelola stres dengan baik

Stres menjadi salah satu penyebab dari penyakit jantung. Saat seseorang sedang stres berat, tekanan darah bisa meningkat. Stres juga menganggu kualitas tidur seseorang sehingga bisa memperburuk kesehatan jantung.

Apalagi banyak orang yang menjadikan minuman alkohol, merokok, dan makanan berlebihan sebagai cara menghilangkan stres yang mereka hadapi. Padahal, tindakan tersebut justru menurunkan kesehatan jantung.

Oleh sebab itu, perlu untuk tahu cara mengelola stres. Ada banyak cara sehat untuk mengatasi stres, contoh berolahraga, melakukan teknik pernapasan dan meditasi, atau melakukan aktivitas yang disukai. Jika stres tidak juga teratasi, jangan ragu untuk melakukan konsultasi ke psikolog.

BACA JUGA:Air Rendaman Bawang Putih Ditambah Madu Sangat Baik untuk Kesehatan, Apalagi untuk Jantung dan Otak

9. Olahraga rutin

Manfaat olahraga untuk jantung sangat banyak. Aktivitas fisik ini dapat membantu mengendalikan berat badan, menurunkan tekanan darah, dan meningkatkan kadar kolesterol baik. Ada banyak jenis olahraga yang menyehatkan jantung, seperti lari, bersepeda, berenang, jogging, atau senam jantung. Lakukan olahraga setidaknya 30 menit setiap harinya.

BACA JUGA:Bukan Sekadar Bawang Biasa, Ini 6 Manfaat Bawang Bombay Bagi Kesehatan, Baik untuk Jantung

Itulah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghindari terkena penyakit jantung, apa lagi jika masih terbilang usia muda.

 

Kategori :