4. Ceremonial Speaking
Ceremonial Speaking adalah bentuk public speaking yang ditujukan kepada kelompok atau forum seremonial resmi. Contohnya meliputi pidato, sambutan, dan sejenisnya. Pidato seremonial ini hanya dilakukan dalam konteks formal, menggunakan bahasa yang sangat sistematis, terstruktur, dan protokole.
5.Demonstrative Speaking
Demonstrative Speaking adalah salah satu bentuk dari public speaking yang bertujuan untuk mengkomunikasikan arahan kepada orang lain.
Dengan kata lain, jenis percakapan ini didasarkan pada prosedur yang menginstruksikan seseorang untuk melakukan sesuatu dengan menggunakan Standard Operating Procedure (SOP) tertentu. Contohnya, seperti demonstrasi cara mencuci tangan secara bersih, SOP penggunaan sepeda mobil baru, dan lain sebagainya.
BACA JUGA:Kenapa 8 Kalimat ini Dilarang Keras Keluar dari Mulut Anda saat Public Speaking
6. Speaking to Actuate
Dan terakhir ada Actuate Speaking yang dapat diartikan sebagai bentuk percakapan untuk memberikan instruksi kepada orang lain. Asal mula dari actuate speaking ini dapat ditemukan dalam struktur suatu jabatan yang ada di sekolah, kantor dan masih banyak lagi. Contoh dari speaking ini adalah seorang direktur dengan karyawan di bawahnya.
Contoh Public Speaking
1. Presentasi Bisnis
Presentasi bisnis merupakan jenis public speaking yang sering digunakan dalam konteks dunia bisnis. biasanya anda akan menjelaskan produk atau jasa, serta mempresentasikan proposal proyek, atau menjelaskan laporan keuangan kepada audiens bisnis anda. Presentasi bisnis memerlukan penjelasan yang jelas, logis, dan persuasif guna meyakinkan para pendengar.
BACA JUGA:Lagi Presentasi, Hindari 6 Hal Ini Ketika Public Speaking Agar Maksud dan Tujuanmu Sampai ke Audiens
2. Pidato Motivasi
Pidato motivasi memiliki tujuan untuk menginspirasi, memotivasi, dan membangkitkan semangat audiens. Biasanya digunakan dalam konteks seminar, workshop, atau acara motivasi lainnya, pidato motivasi ini bertujuan untuk menggerakkan perubahan positif dalam pikiran, sikap, dan Tindakan dari para audiens yang mendengar. Pembicara yang efektif dalam pidato motivasi mampu menghubungkan emosional dengan audiens sehingga menginspirasi mereka untuk melakukan perubahan yang diinginkan.