Jangan Panik, Tindakan Pertama Bunda Lakukan 6 Langkah Berikut Saat Suhu Badan Anak Panas

Minggu 17-12-2023,17:32 WIB
Reporter : Putri Nurhidayati
Editor : Agus Faizar

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Pada dasarnya, demam adalah kondisi yang wajar dialami oleh anak kecil, karena demam adalah respon tubuh normal pada sistem imun anak untuk melawan infeksi. Daya tahan tubuh anak-anak memang bisa dibilang masih belum sempurna. 

BACA JUGA:Cukup Menggunakan Bahan Alami Ini, Demam karena Cuaca Bisa Tuntas

Tak heran, jika anak mengalami infeksi atau kondisi tertentu seperti kelelahan, dehidrasi, dan lain-lain, maka suhu tubuhnya akan mudah meningkat di atas suhu normal. 

Meski disebut sebagai reaksi alami tubuh dalam melawan infeksi, demam pada anak juga tetap harus diwaspadai. Segera lakukan pengobatan pada anak jika dia berada dalam kondisi berikut:

  • Bayi usia kurang dari 3 bulan dengan suhu tubuh 38°C atau lebih
  • Bayi usia 3 bulan atau lebih dengan suhu tubuh 40°C selama lebih dari 24 jam
  • Bayi usia 3–6 bulan dengan suhu tubuh 38,3°C
  • Bayi usia 6 bulan lebih dengan suhu tubuh 39,5°C
  • Anak usia kurang dari 2 tahun dengan demam yang berlangsung lebih dari 24 jam
  • Anak usia 2 tahun atau lebih dengan demam yang berlangsung lebih dari 3 hari
  • Suhu tubuh anak mencapai 40°C berapa pun usianya
  • Demam disertai gejala lseperti batuk, hilang nafsu makan, lebih rewel, sering tidur atau tampak lebih mengantuk, muntah, diare, kulit pucat atau memerah, muncul ruam, jarang bahkan tidak buang air kecil, atau sulit bernapas.

Jika Bunda merasa khawatir ketika suhu tubuh anak naik seperti tanda-tanda diatas, dan dalam kondisi belum bisa membawa anak ke dokter, baiknya Ibu memberikan pengobatan secara alami terlebih dahulu untuk mengatasi demam dan meningkatkan daya tahan tubuh anak. 

BACA JUGA:Anak Kejang Saat Demam? Jangan Panik, Ada 7 Penyebab dan Begini Cara Mengatasinya

Berikut beberapa cara menurunkan demam pada anak tanpa harus menggunakan obat yang bisa Ibu dan Ayah lakukan di rumah. 

1. Kenakan Pakaian Adem dan Nyaman

Sebaiknya, hindari memakaikan pakaian tebal atau berlapis-lapis pada anak jika anak dalam keadaan suhu tubuh yang cukup tinggi, seperti jaket atau menutup badannya dengan selimut tebal. Karena hal tersebut malah akan membuat suhu badannya semakin naik. 

Sebaliknya, gunakan saja baju yang berbahan katun atau kaos yang tipis dan bisa menyerap keringat sehingga panasnya bisa lebih mudah keluar.  Jika anak merasa kedinginan, Bunda bisa memberikan selimut sampai ia merasa hangat lagi.

2. Kompres Air Hangat

Kompres anak dengan air hangat di bagian leher dan ketiak, kompres dapat bekerja dengan cara mengeluarkan panas tubuh lewat pori-pori kulit. Bunda bisa menyiapkan wadah atau baskom berisi air hangat suam-suam kuku dan handuk waslap bersih. Kemudian, basahi handuk waslap dengan air hangat, peras, dan tempelkan di leher dan ketiak anak agar panas tubuhnya cepat turun. 

Ketika handuk waslap sudah mendingin, angkat kompres lalu basahi ulang dan tempelkan lagi sampai suhu tubuhnya stabil. 

Namun perlu diingat Bun, hindari menggunakan air dingin ketika mengompres anak yang sedang demam. Sebab, kompres dingin justru akan membuat anak menggigil. Alih-alih panasnya mereda, suhu tubuhnya justru makin naik. 

Selain itu, hindari pula memberikan kompres menggunakan cairan alkohol karena berisiko terhirup, atau bahkan mengiritasi kulit anak.

Kategori :