Jangan Panik, Tindakan Pertama Bunda Lakukan 6 Langkah Berikut Saat Suhu Badan Anak Panas

Minggu 17-12-2023,17:32 WIB
Reporter : Putri Nurhidayati
Editor : Agus Faizar

BACA JUGA:Ini Alasannya Daun Kelor Ampuh untuk Obat Anak yang Sedang Demam

3. Pastikan Anak Banyak Minum Air

Anak yang demam sangat berisiko dehidrasi karena tubuhnya kehilangan banyak cairan. Bila dibiarkan, dehidrasi pada anak sangat berbahaya. Oleh sebab itu, pastikan anak terus mendapatkan asupan cairan yang cukup untuk mencegah dehidrasi. 

Hindari memberikan minuman yang mengandung kafein, seperti teh, atau minuman bersoda. Karena jenis minuman ini justru bisa membuat anak buang air kecil terus-menerus sehingga anak lebih cepat kehilangan cairan tubuh.

4. Mandi Air Hangat

Hindari memandikan anak dengan air dingin saat tubunhya dengan suhu panas, karena bisa membuatnya menggigil sehingga berakibat pada meningkatnya suhu tubuh pada anak.

Jika anak tidak mau mandi, cobalah cara alami menurunkan panas pada anak lainnya dengan membersihkan tubuhnya menggunakan handuk yang hangat. Cukup basahi kain atau handuk kecil, lalu gosokkan pelan pada tubuh anak. Hal ini bisa membuat tubuhnya jadi lebih nyaman, rileks, dan membantu meredakan demam.

5. Biarkan Anak Istirahat Cukup 

Saat anak demam, sangat penting untuk membiarkannya banyak tidur dan istirahat agar panas pada tubuhnya cepat turun. Hal ini karena selama tidur, sistem kekebalan tubuh anak akan bekerja paling optimal untuk melawan infeksi yang menyebabkan demam. Selain itu, aktivitas yang berlebihan bisa membuat demam anak tidak kunjung turun. 

Oleh karena itu, cobalah mengurangi aktivitas dan waktu bermainnya sementara waktu sampai anak kembali pulih seperti sedia kala sebagai cara meredakan panas anak.

6. Buat Kamar anak Terasa Sejuk

Cara cepat menurunkan panas pada anak tanpa obat lainnya adalah membuat kamar tidurnya tetap sejuk agar anak tetap merasa nyaman. Bunda dapat menyetel kipas angin untuk memastikan sirkulasi udara kamar si Kecil tetap lancar dan supaya ia tidak merasa kepanasan ataupun kedinginan.

BACA JUGA:Daripada Keluarga Kena Demam Berdarah, Mending Tanam 9 Tanaman Pengusir Nyamuk Berikut

Itulah cara awal yang bisa Bunda lakukan jika mendapati kondisi anak sakit namun belum bisa untuk sesegera mungkin membawanya berobat ke dokter, semoga dapat membantu.

(Putri Nurhidayati)

Kategori :