Bolekah Minum Air Kelapa Setiap Hari? Ini Efek Samping yang Perlu Diketahui

Selasa 26-12-2023,21:04 WIB
Reporter : Novan Alqadri
Editor : ahmad afandi

 Sejumlah manfaat air kelapa dapat dirasakan mulai dari mencegah dehidrasi sampai menurunkan tekanan darah tinggi. Berikut adalah beberapa manfaat air kelapa bagi tubuh:

BACA JUGA:Ganti Air Putih dengan Air Kelapa Saat Berolahraga, Ini 3 Manfaat Luar Biasa yang Bisa Dirasakan

1. Memenuhi Kebutuhan Cairan Tubuh

Manfaat air kelapa yang pertama berkaitan dengan tingginya kandungan air. Hal tersebut membuat air kelapa mampu membantu memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan baik,  sehingga tubuh akan terhindar dari dehidrasi. 

Tidak heran jika air kelapa muda sering diberikan kepada seseorang yang berisiko terkena dehidrasi, seperti penderita diare. Selain itu, air kelapa tentu lebih bermanfaat dan menyehatkan jika dibandingkan dengan minuman isotonik lainnya dengan kandungan gula tambahan dan perasa minuman.

BACA JUGA:Konsumsi Air Kelapa Bisa Terbentuknya Batu Ginjal, Tapi Berakibat 4 Hal Jika Diminum Berlebihan, Bahkan Fatal

2. Memenuhi Kebutuhan Elektrolit

Air kelapa mengandung elektrolit, yaitu mineral bermuatan ion yang terdapat dalam sel, jaringan, dan cairan tubuh. Elektrolit berperan dalam mendukung aktivitas sel dan jaringan tubuh serta menjaga keseimbangan kadar cairan tubuh. 

Saat tubuh kehilangan elektrolit akibat aktivitas fisik atau kondisi tertentu seperti diare, muntah, atau dehidrasi, mengonsumsi air kelapa dapat membantu menggantikan elektrolit yang hilang dan memulihkan keseimbangan cairan tubuh. 

BACA JUGA:Dampak Bagi Wanita Konsumsi Air Kelapa Saat Haid, Silakan Dibuktikan

3. Mencegah Penyakit Jantung

Air kelapa juga bermanfaat dalam mencegah risiko penyakit jantung. Pasalnya, air kelapa tidak mengandung kolesterol dan lemak yang merupakan salah satu faktor penyebab penyakit jantung.

Selain itu, tingginya kadar antioksidan pada air kelapa juga berperan penting untuk menjaga kesehatan dan fungsi jantung.

BACA JUGA:Pola Diet Sehat Menggunakan Air Kelapa, Ini Waktu Terbaik Untuk Mengonsumsinya

4. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Manfaat air kelapa dapat diperoleh dari kandungan kaliumnya yang penting untuk kesehatan tubuh. Kalium adalah mineral yang membantu mengontrol tekanan darah normal dengan cara mengimbangi efek natrium yang cenderung meningkatkan tekanan darah pada tubuh.

Kategori :