Bolekah Minum Air Kelapa Setiap Hari? Ini Efek Samping yang Perlu Diketahui

Selasa 26-12-2023,21:04 WIB
Reporter : Novan Alqadri
Editor : ahmad afandi

Konsumsi air kelapa yang kaya akan kalium juga bermanfaat dalam merelaksasi pembuluh darah, sehingga aliran darah menjadi lebih lancar dan tekanan darah menjadi lebih terkontrol. 

Selain itu, manfaat kalium lainnya adalah untuk mengatur irama dan pompa jantung, mendukung aktivitas listrik saraf, mengendalikan kontraksi otot dan metabolisme sel, sekaligus menjaga keseimbangan elektrolit.

BACA JUGA:Cuci Muka Pakai Air Kelapa, Ini 7 Manfaatnya Untuk Kesehatan Kulit Wajah, Siapa Sangka...

5. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Manfaat air kelapa bagi tubuh berikutnya adalah menjaga daya tahan tubuh tetap prima. Kandungan air kelapa, seperti Vitamin C, dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melindungi tubuh dari penyakit.

Selain itu, kandungan antioksidan alami yang terdapat pada air kelapa juga diketahui dapat mencegah risiko kanker. Antioksidan ini bekerja dengan cara melawan radikal bebas dalam tubuh yang dapat merusak sel-sel sehat dan menyebabkan perkembangan kanker.

BACA JUGA:Air Kelapa Ampuh Turunkan Kadar Gula Darah Tinggi, Ini 5 Cara Menggunakannya dengan Baik

6. Mencegah Penyakit Batu Ginjal

Rutin mengonsumsi air kelapa juga diketahui dapat mencegah risiko penyakit batu ginjal. Penyakit ini terjadi ketika senyawa kimia dalam urine mengeras dan mengendap membentuk kristal di dalam ginjal. 

Kandungan pada air kelapa bermanfaat untuk mencegah terjadinya penumpukan kristal pada ginjal maupun bagian lain di saluran kemih. Selain itu, air kelapa yang memiliki sifat diuretik alami pun dapat membantu meningkatkan produksi urine dan membersihkan saluran kencing, sehingga mencegah penumpukan kristal yang dapat membentuk batu ginjal.

BACA JUGA:7 Dampak Buruk Minum Air Kelapa, Anjurannya hanya Segini per Hari

7. Meningkatkan Stamina

Konsumsi air kelapa juga dinilai mampu memberikan stamina. Hal ini disebabkan karena kandungan karbohidrat pada air kelapa yang berbentuk gula alami. Dengan mengonsumsi air kelapa, karbohidrat dalam bentuk gula alami di dalamnya tersebut akan dipecah dan diubah menjadi glukosa. 

Manfaat air kelapa yang satu ini menjadi alasan mengapa banyak atlet mengonsumsi air kelapa selama beraktivitas fisik, yakni untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan menjaga staminanya selama olahraga atau latihan fisik berlangsung.

8. Mencegah dan Mengatasi Sembelit

Penderita sembelit pun disarankan untuk mengonsumsi air kelapa secara rutin hingga kondisinya membaik. Pada dasarnya, sembelit dapat disebabkan oleh kurangnya cairan dalam tubuh. Di sisi lain, air kelapa adalah sumber cairan alami yang kaya akan kandungan air dan elektrolitnya. 

Kategori :