Ini Gejala, Penyebab dan Cara Menghilangkan Pori-Pori Hitam di Wajah, Simpel dan Gak Ribet

Rabu 27-12-2023,22:35 WIB
Reporter : Novan Alqadri
Editor : ahmad afandi

Namun, produk yang mengandung asam salisilat hanya bisa digunakan sekali dalam sehari. Jika digunakan secara berlebih, asam salisilat dapat membuat kulit menjadi kering dan meningkatkan produksi minyak. Kondisi ini justru dapat membuat wajah lebih berminyak dan komedo hitam lebih mudah terbentuk.

2. Gunakan produk nonkomedogenik

Salah satu cara menghilangkan komedo hitam yang paling mudah adalah dengan menggunakan kosmetik maupun produk perawatan kulit yang tepat, yakni yang berlebel nonkomedogenik. Produk-produk tersebut dapat meminimalkan timbulnya komedo, bahkan mencegah terjadinya jerawat.

BACA JUGA:10 Cara Menghilangkan Pori-Pori di Wajah, Pakai Bahan Alami Tanpa Perlu ke Salon Kecantikan

3. Gunakan pore pack

Plester komedo atau pore pack adalah perekat yang sering digunakan sebagai cara menghilangkan komedo hitam. Pore pack bekerja secara instan dengan mengangkat bagian atas komedo.

Namun, pore pack bukanlah cara terbaik untuk menghilangkan secara permanen. Plester ini tidak dapat mengangkat komedo sampai ke dalam pori-pori dan tidak akan menghentikan pembentukan komedo.

Jika Anda memiliki komedo ringan dan tidak membandel, pore pack bisa digunakan sesekali. Untuk menghilangkan komedo hitam yang sudah membandel, dibutuhkan perawatan lain selain menggunakan pore pack.

BACA JUGA:Cara Menghilangkan Pori-pori di Hidung Agar Terlihat Mulus, Gunakan 15 Tips Mudah Ini Saja

4. Gunakan masker tanah liat

Cara menghilangkan komedo hitam berikutnya adalah dengan menggunakan masker berbahan tanah liat. Kandungan tanah liat sudah sering ditemukan dalam beberapa produk perawatan kulit dan kosmetik. Hal ini karena tanah liat diketahui efektif untuk menyerap minyak, sisa kotoran, hingga bakteri dan virus yang ada di kulit wajah.

Untuk menghilangkan komedo hitam, Anda cukup mencampurkan masker tanah liat dengan air hangat. Jika Anda memiliki jenis kulit berminyak, gunakan masker tanah liat sebanyak 1–2 kali dalam seminggu untuk membantu mengontrol produksi minyak (sebum) berlebih dan mencegah komedo.

BACA JUGA:6 Manfaat Teh Hijau Untuk Kesehatan Kulit Wajah, Salah Satunya Ampuh Menghilangkan Komedo

5. Gunakan masker arang aktif

Charcoal atau arang aktif sudah banyak digunakan sebagai produk perawatan tubuh, mulai dari pasta gigi, sabun, sampo, hingga masker wajah. Arang aktif dipercaya mampu menghilangkan bakteri dan kotoran, membersihkan pori, serta menetralkan kulit wajah dari bahan beracun, sehingga ampuh dijadikan cara menghilangkan komedo hitam.

Meskipun demikian, penggunaan masker berbahan arang aktif sebaiknya disesuaikan dengan aturan pakai di kemasan. Anda juga dianjurkan untuk melakukan tes dengan mengoleskan sedikit masker arang aktif ke wajah terlebih dahulu. Ini dilakukan untuk melihat apakah masker arang aktif menimbulkan iritasi, pengelupasan kulit, atau reaksi alergi setelah digunakan.

Kategori :