Rekomendasi Aplikasi Investasi Emas yang Aman, Pahami Keuntungan dan Jenisnya

Jumat 03-05-2024,22:32 WIB
Reporter : Novan Alqadri
Editor : ahmad afandi

- Perhiasan emas

Umumnya kadar kemurnian emas di bawah 70% dengan ketahanan yang lebih tinggi dari emas batangan. Meskipun lebih tahan banting, nilai buyback perhiasan emas cenderung lebih rendah dari nilai beli awalnya.

BACA JUGA:DP Cicil Emas di Pegadaian dan Tabel Simulasi Kredit, Investasi Tepat dan Aman untuk Jangka Panjang

- Dinar

Berupa kepingan yang biasanya digunakan untuk transaksi di negara-negara Timur Tengah. Terdapat dua jenis dinar di Indonesia, yaitu 22 karat (91,7–95,8%) dan 24 karat (99,99%).

- Emas lokal

Harga emas lokal berbeda-beda tergantung dari daerah pembuatnya. Biasanya satuan berat yang digunakan adalah suku. Maka dari itu, perlu dilakukan konversi ke satuan berat yang lebih umum apabila ingin menjualnya ke pasar nasional.

- Emas online

Investasi emas ini biasanya disediakan oleh bank, industri jasa pergadaian, dan perusahaan jasa keuangan resmi di Indonesia.

- Emas kuno

Emas dengan nilai sejarah dan dikumpulkan sebagai koleksi. Investasi emas ini akan dihargai lebih tinggi karena nilai sejarahnya.

- Koin emas

Berbentuk koin dan bisa dijadikan untuk koleksi, investasi, atau alat tukar di beberapa tempat.

Emas granul: Berupa butiran yang kemudian dapat dileburkan dalam bentuk kain. Biasanya emas granul disediakan dengan berat minimum 5 kilogram.

BACA JUGA:Cara Kredit Emas di Pegadaian, Mudah dan Praktis, Syarat Cukup Bayar Uang Muka Mulai 10 Persen

Keuntungan Investasi Emas

Kategori :