Sah Kantongi IUP, Segini Luas Harta Karun Tambang Nikel di Kalaena dan Angkona

Sabtu 04-05-2024,19:39 WIB
Reporter : Putri Nurhidayati
Editor : Agus Faizar

Nikel memberikan efek yang mengilap dan terkesan mewah pada pembuatan rangka alat-alat otomotif.

Penggunaan nikel pada rangka alat-alat otomotif menyebabkan benda tidak cepat berkarat. Pencampuran nikel dalam industri otomotif membuat benda dapat dipakai dalam jangka waktu yang lama.

BACA JUGA:Ini Titik Lokasi dan Daerah yang Punya Cadangan Harta Karun Batubara di Sumatera Barat

5. Industri Baterai

Mineral tambang yang satu ini menjadi salah satu bahan penting yang harus dicampurkan pada dunia industri baterai. Pencampuran bahan nikel dengan baterai disebut sebagai baterai sekunder yang dapat diisi ulang.

BACA JUGA:Sudah Ada Sejak Abad ke 19, Ini Daerah Penghasil Harta Karun Batu Bara di Sumatera Barat

Baterai berbahan nikel sendiri memiliki beragam kegunaan pada perangkat elektronik, seperti smartphone, perkakas listrik, komputer potabel, kendaraan listrik, dan lain sebagainya. Dalam produksi baterai, jenis nikel yang kerap dimanfaatkan ialah nikel metal hibrida (NiMH), nikel lithium-ion (Li-ion), dan nikel kadmium (NiCd).

BACA JUGA:Punya Cadangan Harta Karun Melimpah, 3 Kabupaten Ini Kuasai Pertambangan Batu Bara di Riau

6. Elektroplating

Selain dimanfaatkan dalam industri baterai, nikel juga bermanfaat pada proses elektroplating. Proses pelapisan logam dengan menggunakan arus listrik dan larutan elektrolit disebut elektroplating.

Sementara itu, pelapisan logam yang memanfaatkan unsur nikel disebut nickelplating. Pelapisan tersebut berguna untuk membuat tampilan barang menjadi mengilap. Selain itu, daya gesek yang diberikan tergolong rendah dan tidak mengganggu sifat dari elektromagnetik.

BACA JUGA:Indonesia Kaya akan Hasil Alam, Segini Cadangan Harta Karun Batubara di Kalimantan Tengah

7. Pembuatan Monel

Perpaduan antara tembaga, nikel, dan beberapa tambahan logam lainnya disebut monel. Pembuatan tag pada perhiasan atau bidang kemiliteran kerap menggunakan monel.

Nikel sebagai bahan campuran pembuatan monel memberikan efek yang lebih bagus dengan harga lebih murah. Selain itu, kualitas monel dengan campuran nikel tidak jauh berbeda dari emas yang digunakan sebagai perhiasan.

BACA JUGA:Simpan Harta Karun Tambang Minyak Bumi di Lampung, Ternyata Segini Income Per Tahunnya!

Kategori :