Pasti Berhasil, Ini Caranya agar Tagihan Listrik di Rumah Tidak Membengkak

Kamis 16-05-2024,10:22 WIB
Reporter : Sheila Silvina
Editor : Purnama Sakti

Petugas pencatatan listrik yang datang ke rumah Anda mungkin saja tidak teliti dalam mengecek meteran listrik Anda sehingga menyebabkan tagihan listrik yang tidak sesuai. Beberapa pelanggan pernah mengalami hal seperti ini. 

BACA JUGA:Pastikan Ikut Tes CPNS, Segini Gaji serta Tunjangan PNS Lulusan SMA dan SMK

Jika hal ini juga terjadi pada Anda, sebaiknya segera melapor pada pihak PLN untuk dilakukan pengecekan ulang.

3. Pembatas listrik tidak stabil

Apabila pembatas listrik Anda sering naik turun atau tidak stabil, tagihan listrik Anda bisa jadi membengkak. Hal ini terjadi akibat penggunaan listrik tidak sesuai daya yang tersedia. 

Apabila penggunaan listrik tidak sesuai dengan daya, maka tagihan listrik Anda bisa melonjak tinggi tanpa bisa diprediksi. Sebaiknya usahakan untuk mengatasi pembatas listrik Anda untuk stabil agar pembengkakan tagihan listrik akibat hal ini dapat diantisipasi.

4. Pemborosan listrik tanpa disadari

Sering kali, pembengkakan listrik terjadi tanpa Anda sadari dan disebabkan oleh kelalaian Anda sendiri. 

BACA JUGA:Wajib Tahu! Begini Cara Pinjam KUR Mandiri, Proses Mudah Bisa Cair Rp 100 Juta

Kebiasaan-kebiasaan yang sering Anda anggap sepele seperti lupa mematikan televisi sebelum tidur atau mematikan lampu tidur bisa sangat berkontribusi pada besarnya tagihan listrik Anda kali ini. 

Barang-barang elektronik di rumah yang Anda gunakan secara berlebihan tanpa disadari berpengaruh besar pada penggunaan listrik serta biaya yang harus Anda keluarkan.

Oleh karena itu, Anda harus mulai mengubah kebiasaan-kebiasaan yang dapat memicu tagihan listrik tidak wajar. 

Pastikan Anda menggunakan AC sewajarnya dan mematikan ketika tidak terlalu dibutuhkan. Pilihlah alat-alat elektronik yang hemat energi untuk memaksimalkan penghematan listrik yang Anda lakukan.

BACA JUGA:Khasiat Daun Sirih untuk Pria Dewasa, Konsumsi Malam Hari Efeknya Langsung Terasa

5. Pencurian listrik

Hal ini merupakan kemungkinan terburuk mengenai penyebab tagihan listrik Anda membengkak. Meskipun jarang terjadi, sebaiknya Anda tetap mawas diri. 

Kategori :