Mitos Kelabang Masuk Rumah Malam Hari Menurut Primbon Jawa, Salah Satunya Isyarat Santet

Sabtu 25-05-2024,08:49 WIB
Reporter : Tianzi Agustin
Editor : Purnama Sakti

4. Merica

Taburan merica memang terasa pedas, kelabang yang melewati merica bubuk akan langsung membuat hewan tersebut tidak bisa bergerak, kesakitan, dan mati.

Cara paling efektif yakni berikan taburan merica di atas tubuh kelabang agar tidak masuk ke dalam rumah.

BACA JUGA:5 Rekomendasi Laptop Mulai Rp 2.5 Jutaan RAM 8 GB Spek Bagus, Siapa yang Gak Terpikat?

5. Garam

Garam yang ditaburkan dalam area sarang kelabang akan membuat hewan tersebut susah bertahan hidup. Gunakan garam dapur yang halus untuk disebarkan ke seluruh lingkungan rumah.

6. Sabun Cuci Piring

Sabun cuci piring bisa langsung membuat kelabang kering dan mati seketika. Caranya, gunakan 3,5 liter air hangat kemudian campurkan dengan dua sendok makan sabun cuci piring cair, lalu masukan ke dalam botol semprot.

Larutan tersebut sebaiknya disemprotkan segera dalam area rumah yang lembab dan gelap, selagi air sabun cuci piring masih terasa hangat.

BACA JUGA:Senjata Militer Paling Mematikan, Ini Alasan Kenapa Indonesia Tidak Mempunyai Nuklir

7. Perangkap Lengket

Perangkap lengket yang disebar ke seluruh penjuru ruangan dan celah-celah kecil rumah bisa dilakukan dengan mudah sebab kelabang yang besar mudah melarikan diri saat akan dibasmi, maka sebaiknya berikan perangkap agar kelabang tidak dapat melarikan diri.

8. Gunakan Toples

Cegah kelabang masuk ke dalam rumah menggunakan toples, kemudian dibuang keluar rumah, merupakan cara efektif yang bisa dilakukan.

Pastikan untuk menutup toples agar tidak mudah lepas dan menggigit orang-orang di sekitar.

Nah, itulah delapan cara mencegah kelabang masuk kedalam rumah. Namun jika kelabang sudah terlanjur masuk kedalam rumah ada beberapa cara untuk mengusirnya. Berikut caranya:

Kategori :