Begini Asal Usul Suku Dayak dengan Bermacam Tradisi Unik yang Terjaga hingga Sekarang

Rabu 29-05-2024,20:01 WIB
Reporter : Putri Nurhidayati
Editor : Agus Faizar

Jika sudah maka daging bisa digoreng dengan minyak. Cara membuat makanan ini tentu saja tidak mudah karena jika fermentasi tidak berhasil, daging yang dihasilkan justru terasa sangat tidak enak.

BACA JUGA:Tabel Angsuran Pinjaman BCA Rp 100 Juta, Suku Bunga 6 Persen, Syarat Usia Minimal 21 Tahun

5. Kalumpe atau karuang

Makanan khas dari dayak yang selanjutnya adalah kalumpe. Makanan ini merupakan makanan sebutan dari suku mayan. Sedangkan suku dayak ngaju menyebutnya dengan naman karuang yang berarti sayuran. 

BACA JUGA:Pesona Cowok Indo! Ini Suku Penghasil Pria Paling Tampan di Indonesia

Bahan yang digunakan untuk membuat makanan ini adalah daun singkong yang ditumbuk halus lalu dicampur terong kecil dan diberi bumbu seperti lengkuas, serai, bawang merah, bawang putih dan juga cabai. 

Makanan ini kemudian dimasak sedemikian rupa sehingga cita rasanya sangat gurih dan pedas. Biasanya makanan ini akan disajikan dengan ikan asin.

BACA JUGA:11 Suku Tercantik di Indonesia Ini Terkenal dari Sabang Sampai Merauke, Apakah Kamu dari Salah Satunya?

6. Kue tampi

Menikmati kue tampi juga akan menjadikan liburan di kalimantan terasa semakin lengkap. Kue tampi adalah salah satu makanan khas dayak yang sangat istimewa. Makanan ini bisanya dihidangkan di acara adat suku dayak. 

Bahan yang digunakan untuk membuat makanan ini adalah dari tepung beras yang dimasak dengan cara digoreng. Rasa dari kue tampi sangat sederhana dan tidak terlalu dominan namun mampu menjadi sajian khas di acara adat.

BACA JUGA:Pinjaman Rp 250 Juta Tenor 10 Tahun, Ini Persyaratan dan Suku Bunga yang Berlaku

7. Botok mengkudu

Jika anda ingin mencoba makanan khas yang unik selanjutnya maka bisa mencoba kuliner bedanya botok mengkudu. Makanan ini terbuat dari bahan ikan yang dimasak dengan menggunakan daun mengkudu. 

Ikan yang sudah dibersihkan dan diberi bumbu akan dibungkus dengan menggunakan daun mengkudu sehingga aromanya akan sangat terasa.

BACA JUGA:Cara Pengajuan BRIguna Umum, Suku Bunga Pinjaman Rendah, Limit Tak Terbatas

Kategori :