Begini Asal Usul Suku Dayak dengan Bermacam Tradisi Unik yang Terjaga hingga Sekarang

Rabu 29-05-2024,20:01 WIB
Reporter : Putri Nurhidayati
Editor : Agus Faizar

Sementara itu, suku Dayak juga memiliki maknan khas. Makanan khas dayak memiliki bahan yang unik dan juga memiliki cara masak yang berbeda.

Meskipun demikian, makanan ini sangat layak untuk dicoba karena cita rasanya sangat istimewa.

BACA JUGA:Masih Diperdebatkan, Begini Sejarah Asal Suku Batak, Pertama kali Mendiami Danau Toba

Berikut ini diantaranya:

1. Kue dange

Makanan yang pertama adalah kue dange. Makanan ini sangat digemari oleh penduduk atau masyarakat dayak karena memang memiliki rasa yang sangat lezat. Bahkan banyak wisatawan yang mengakui kelezatan dari kue dange ini.

Banyak wisatawan yang telah membuktikan jika makanan ini sangat khas dan juga sangat lezat. Biasanya kue dange akan dijadikan sebagai cemilan atau sajian pesat dan acara lainnya. 

BACA JUGA:Di Suku Ini Pria Tidak Dihargai, Anak Gadis Boleh Mengundang Teman Prianya ke Kamar Sampai Pagi

Kue ini memiliki cita rasa yang gurih karena terbuat dari bahan parutan kelapa yang dicampur dengan tepung dan gula. Kombinasi dari ketiga bahan ini menjadikan kue dange gurih, manis dan renyah. Untuk memasak kue ini akan dibutuhkan alat pemanggang khusus.

BACA JUGA:Mungkinkah di Hutan Ini Tempat Suku Mante Aceh Tinggal? Ada Banyak Kesamaan Ciri Lokasinya

2. Juhu singkah

Makanan yang selanjutnya adalah juhu singkah. Makanan ini merupakan makanan khas dari suku dayak ngaju yang sangat asli. Sedangkan di tengah masyarakat suku dayak mayan maka kuliner ini memiliki sebutan yang berbeda yakni uwut nange. 

BACA JUGA:Suku Mante di Aceh Diyakini Masih Ada, Ini Beberapa Tempat yang Sering Ditinggalinya

Arti dari makanan ini adalah rotan muda. Bahan yang digunakan untuk membuat kuliner ini adalah memang dari rotan muda yang sangat mudah ditemukan di daerah hutan kalimantan. 

Ukuran dari rotan mudah kecil dan masih empuk sehingga akan sangat mudah untuk dimasak. Bahan lain yang digunakan untuk membuat kuliner ini adalah terong asam, dan juga ikan baung.

Rasa dari masakan ini sangat lezat karena ada perpaduan gurih, manis dan juga sedikit asam.

Kategori :