Waspada! Potensi Cuaca Ekstrem Selama Sepekan akan Melanda Wilayah Ini, di Mana Saja?

Selasa 04-06-2024,09:59 WIB
Reporter : Septi Widiyarti
Editor : Agus Faizar

Imbauan BMKG

Sehingga, BMKG mengeluarkan imbauan untuk masyarakat terkait potensi cuaca ekstrem di wilayah Indonesia. Adapun berikut poin-poinnya:

- Masyarakat diimbau waspada terhadap potensi cuaca ekstrem, meskipun sebagian besar wilayah Indonesia saat ini sudah memasuki musim kemarau, meliputi banjir, banjir bandang, banjir lahar hujan, tanah longsor, jalan licin, pohon tumbang, dan berkurangnya jarak pandang.

- Perbarui informasi melalui kanal resmi infoBMKG dan hindari berita hoax yang tidak dapat dipertanggungjawabkan, guna memperoleh informasi cuaca yang lebih akurat dan informasi perubahan cuaca setiap saat dengan resolusi yang lebih tinggi di setiap kecamatan.

BACA JUGA:Kapan Jadwal Pemutihan Pajak Kendaraan di DKI Jakarta 2024? Simak Infonya di Sini

Sebagai informasi tambahan, berikut jenis peringatan dini cuaca ekstrem. Menurut BMKG, cuaca ekstrem adalah kejadian fenomena alam yang tidak normal dan tidak lazim yang ditandai oleh kondisi curah hujan, arah dan kecepatan angin, suhu udara, kelembapan udara, dan jarak pandang yang dapat mengakibatkan kerugian terutama keselamatan jiwa dan harta.

Ada dua jenis peringatan dini cuaca ekstrem, yaitu bersifat umum dan berbasis risiko. Ini perbedaannya:

1. Peringatan dini cuaca ekstrem bersifat umum adalah jenis peringatan dini cuaca ekstrem yang berisikan informasi cuaca yang meliputi:

- Hujan lebat
- Hujan disertai angin kencang, kilat, dan/atau petir
- Angin kencang
- Angin puting beliung
- Hujan es
- Jarak pandang mendatar ekstrem
- Suhu udara ekstrem
- Kebakaran hutan dan lahan
- Siklon tropis.

BACA JUGA:Maju Lagi Pilkada Seluma, Erwin Octavian Mau Berpasangan dengan Sosok Ini

2. Peringatan dini cuaca ekstrem berbasis risiko adalah jenis peringatan dini cuaca ekstrem yang berisikan informasi potensi risiko dan rekomendasi respon yang harus dilakukan.

Tak hanya unsur cuaca, peringatan dini cuaca ekstrem berbasis risiko dapat menggunakan data dan/atau informasi lainnya.

Tingkatan Peringatan Dini Cuaca Ekstrem

Sebenarnya, ada tingkatan status dalam peringatan dini cuaca ekstrem yang diklasifikasikan berdasarkan tingkatan ekstremitas mulai dari yang terendah hingga yang tertinggi. Berikut urutannya:

- Tidak ada peringatan

- Waspada

- Siaga

- Awas

BACA JUGA:Lebih dari Rp 1 Juta, Segini Biaya Service Mobil Mitsubishi Pajero?

Selain itu, tingkatan status peringatan dini cuaca ekstrem juga disimbolkan dengan warna sesuai tingkatan ekstremitas sebagai berikut:

- Hijau: menunjukkan kondisi tidak ada peringatan atau tidak teridentifikasi potensi cuaca ekstrem

Kategori :