Hati-hati, Ini 6 Jenis Tanaman Beracun yang Tumbuh Bebas, Ada yang Bisa Mematikan

Kamis 06-06-2024,09:14 WIB
Reporter : Nutri Septiana
Editor : Purnama Sakti

5. Tread-Softly

Tread-softly atau Cnidoscolus stimulosus  di AS sering dijuluki Finger-rot atau busuk jari adalah tanaman menarik yang berasal dari Amerika Serikat bagian tenggara.

Tanaman dan bunga serta buahnya ditutupi bulu menyengat yang akan patah jika terkena kulit, melepaskan berbagai senyawa iritan.

BACA JUGA:Tabel Angsuran KUR BNI 2024 Plafon Rp 10 - 500 Juta, Bayar Cicilan Lebih Fleksibel

Meskipun kontak langsung dengan tanaman ini akan menyebabkan rasa perih dan gatal hebat, gejalanya hanya berlangsung kurang dari satu jam beberapa orang mungkin mengalami perubahan warna kulit beberapa hari. 

6. Gympie gympie

Siapa sangka, Indonesia menjadi rumah salah satu tanaman paling mematikan di dunia. Keluarga tanaman jelatang memang dipenuhi dengan tanaman menyengat, tetapi tidak ada yang seagresif gympie.

Satu dari enam pohon penyengat asli Australia dan juga ditemukan di Indonesia, gympie gympie merupakan tanaman paling berbahaya di dunia. Di Australia, pohon ini dijuluki “Stinging tree” atau pohon penyengat.

Daunnya berbentuk hati dengan lebar bisa mencapai 50 cm. Nah, daun gymie gympie inilah yang berbahaya. Sebab, permukaannya memiliki ribuan duri menyengat.

Daun yang menyengat memicu reaksi alergi intens pada korbannya, bahkan terkadang menyebabkan syok anafilaksis. Sengatannya dapat menyebabkan rasa sakit menyiksa dan melemahkan selama berbulan-bulan. 

Biasanya orang menggambarkannya dengan berbagai cara sebagai perasaan seperti dibakar asam, tersengat listrik, atau tergencet tangan raksasa.

BACA JUGA:Banyak Dipuji Orang, Ternyata Begini Spesifikasi dan Harga Samsung A35 5G

Banyak laporan adanya sisa rasa sakit bahkan bertahun-tahun sesudahnya, dan bahkan ada juga informasi tentang kuda karena rasa sakit yang hebat melompat dari tebing dan mati setelah kontak langsung dengan pohon ini.

Rimbawan dan ilmuwan yang bekerja di sekitar pohon harus memakai respirator dan pakaian pelindung tebal, juga dipersenjatai dengan pil antihistamin untuk berjaga-jaga.

Demikian ulasan mengenai 6 jenis tanaman beracun yang tumbuh bebas. Semoga bermanfaat.

 

Kategori :