Awas Beracun! Hindari Menyentuh 5 Jenis Getah Pohon Ini, Bisa Membahayakan Nyawa

Kamis 06-06-2024,20:39 WIB
Reporter : Nutri Septiana
Editor : Septi Widiyarti

BACA JUGA:Menurut Agama Hindu, 4 Jenis Tanaman Ini Tidak Boleh Ditanam di Depan Rumah, No 3 Bisa Hambat Rezeki

Itulah jenis pohon yang jika terkena getah atau dimakan buahnya akan sangat beracun bagi tubuh, bahkan bisa mengakibatkan kematian.

Namun, dibalik itu ada satu jenis pohon yang tidak beracun dan bisa memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Berikut manfaat getah pohon Birch:
Manfaat getah pohon birch untuk kesehatan sudah dipercaya berabad-abad lamanya oleh penduduk Eropa Utara, Eropa Barat, dan Cina. Sedangkan di Indonesia, khasiat getah pohon birch mungkin belum terlalu populer.

BACA JUGA:Proses Cair Cepat, Begini Cara Pinjam Uang di Bank Syariah Tanpa Jaminan, Syarat Mudah

Berikut adalah sejumlah manfaat getah pohon birch untuk kesehatan yang sayang bila Anda lewatkan:

1. Menjaga kesehatan tulang
Getah pohon birch mengandung mangan yang cukup tinggi, di mana 300 ml getah pohon birch mampu memenuhi sekitar 130 persen kebutuhan mangan harian. Mangan dalam getah pohon birch ini bermanfaat dalam mendukung kesehatan tulang.

Selain mangan, kandungan lain pada getah pohon birch yang juga dapat mendukung kesehatan tulang adalah kalsium, zinc, dan tembaga.

Sebuah studi menunjukkan bahwa mangan yang dikombinasikan dengan kalsium, zinc, dan tembaga dapat membantu mengurangi pengeroposan tulang belakang pada lansia.

BACA JUGA:Tabel Angsuran KUR Mandiri 2024 Rp10 Juta Sampai Rp50 Juta, Ini Syarat Pinjaman yang Harus Ada

2. Menangkal radikal bebas
Dalam getah pohon birch terkandung antioksidan polifenol yang tinggi. Polifenol merupakan senyawa yang berfungsi untuk melindungi sel tubuh dari kerusakan akibat paparan radikal bebas.

Penelitian menunjukkan bahwa polifenol dapat melindungi tubuh dari beberapa penyakit serius, seperti penyakit jantung, diabetes tipe 2, osteoporosis, penyakit Alzheimer, penyakit Parkinson, dan beberapa jenis penyakit kanker.

Selain polifenol, getah pohon birch juga mengandung antioksidan kuat lainnya, seperti vitamin C. Vitamin ini dibutuhkan tubuh untuk menangkal radikal bebas, meningkatkan imunitas tubuh, dan mengontrol tekanan darah.

BACA JUGA:Menurut Agama Hindu, 4 Jenis Tanaman Ini Tidak Boleh Ditanam di Depan Rumah, No 3 Bisa Hambat Rezeki
3. Menjaga kesehatan kulit
Kini telah banyak produk perawatan kulit maupun kosmetik yang mengandung getah pohon birch. Ini karena manfaatnya yang mampu menghidrasi kulit dengan baik.

Sebuah studi menunjukkan bahwa kandungan getah pohon birch pada produk perawatan kulit berguna untuk menjaga kesehatan kulit dan mencegah penuaan dini.

Tidak hanya itu, kandungan vitamin C pada getah pohon birch juga telah terbukti efektif dalam meningkatkan produksi kolagen, sehingga kelembapan dan elastisitas kulit dapat lebih terjaga.

Kategori :