Awas Beracun! Hindari Menyentuh 5 Jenis Getah Pohon Ini, Bisa Membahayakan Nyawa

Kamis 06-06-2024,20:39 WIB
Reporter : Nutri Septiana
Editor : Septi Widiyarti

Tapi batang penuh duri itu baru satu dari beberapa hal mengerikan dari pohon ini. Dilansir Gardening Know How, buah pohon ini dapat meledak, menghasilkan suara keras, dan bijinya akan terlontar dengan kecepatan 241 kilometer per jam.

Lontaran bijinya dapat menyebabkan luka serius ke manusia dan hewan. Selain itu, pohon ini memiliki getah yang dapat menyebabkan kebutaan apabila terkena mata.

BACA JUGA:Anggota DPR Viral, Anita Jacoba ‘Semprot’ Mendikbud, Wajar Suaranya Menggelegar, Profesinya Dulu Adalah...

3. Oleander

Oleander hanya berupa semak atau pohon kecil dan memiliki bunga yang indah. Tak heran jika banyak pecinta bunga memilih oleander sebagai salah satu koleksi mereka. Walaupun indah, pohon satu ini adalah salah satu pohon paling berbahaya di dunia.

Dilansir Gardener’s Path, oleander mengandung senyawa cardiac glycoside. Jika senyawa ini tercerna ke tubuh, dapat menyebabkan menurunkan detak jantung, gangguan jantung, kejang-kejang, iritasi kulit, dan diare.

Lebih mengerikannya lagi, senyawa berbahaya tersebut ada di setiap bagian tumbuhan ini, dari akar, batang, hingga bunga.

Walaupun mengandung senyawa berbahaya, oleander juga mengandung senyawa oleandrin. Senyawa tersebut memiliki khasiat medis yang berpotensi mengobati kanker dan penyakit jantung. Namun, potensi tersebut masih diteliti.

BACA JUGA:Ultimatum Menteri Agus Harimurti Yudhoyono untuk Mafia Tanah,

4. Pohon ipuh
Pohon ini bernama latin Antiaris toxicaria dan jika dilihat dari nama latinnya, sudah pasti pohon ini mengandung racun.

Dilansir Nature Poisons, getah pohon ini mengandung senyawa antiarin. Apabila terinjeksi ke dalam tubuh, senyawa tersebut dapat menyebabkan kontraksi otot jantung yang tidak teratur sehingga menyebabkan gagal jantung.

Pada 1810, seorang bontanis dari Prancis bernama Jean-Baptise Leschenault melakukan percobaan. Ia memberikan jus berisi getah ipuh ke seekor anjing dan dalam 5 menit anjing tersebut mati.
Bahkan, hanya dibutuhkan 8 tetes untuk membunuh seekor kuda dalam waktu yang sama. Tak heran jika menurut cerita, getah ipuh digunakan sebagai racun untuk berburu dan perang.

BACA JUGA:Antisipasi Ini dan Masuk Zona Merah, Polda dan Pemprov Bengkulu Tanam Padi Gogo di Lahan Seluas 270 Hektar

5. Pohon gympie
Indah, mungkin itu yang muncul di pikiran kita saat pertama kali melihat pohon ini dengan bunganya yang mirip terompet.

Namun, di balik penampilannya yang indah, gympie-gympie adalah salah satu pohon paling beracun di dunia.
Dilansir Australia Geographic, daun-daun di pohon ini memiliki rambut-rambut kecil beracun yang dapat menyengat kita. Apabila tersentuh, racun tersebut akan menyebabkan gatal dan sakit yang luar biasa.

Beberapa mendeskripsikan rasa sakitnya seperti disengat ratusan tawon secara bersamaan.
Meskipun mereka pohon yang mengerikan, tapi bukan berarti mereka harus dimusnahkan. Sebab, mereka juga memiliki peran penting di ekosistem yang harus kita hormati dan apresiasi.

Kategori :