9 Tanaman Depan Rumah Pembawa Hoki Menurut Primbon Jawa, Kamu Punya Salah Satu?

Jumat 07-06-2024,09:40 WIB
Reporter : Tianzi Agustin
Editor : Septi Widiyarti

Nama "Wijaya Kusuma" sendiri memiliki arti bunga pembawa kejayaan, sehingga menanam tanaman ini di depan rumah diyakini akan memberikan keberuntungan dan kejayaan bagi penghuninya.

BACA JUGA:Maaf, PLN tak Sediakan Kompensasi Atas Pemadaman Listrik di Sumatera Berhari-hari

6. Tanaman Kuping Gajah
Tanaman kuping gajah dikenal dengan bentuk daunnya yang besar dan menyerupai kuping gajah. Dalam Primbon Jawa, tanaman ini dipercaya bisa membawa keberuntungan atau hoki.

Bentuknya yang menyerupai simbol hati juga diartikan sebagai simbol rezeki melimpah yang akan datang kepada penghuni rumah.

7. Tanaman Pinang Merah
Pinang merah adalah tanaman lain yang dipercaya membawa keberuntungan menurut Primbon Jawa. Menanam pinang merah di depan rumah diyakini dapat mendatangkan rezeki dan menyerap energi negatif seperti santet, guna-guna, atau energi jahat lainnya. Dengan demikian, tanaman ini memberikan perlindungan bagi penghuni rumah.

BACA JUGA:YLKI Dorong PLN Memberikan Kompensasi Pemadaman Listrik Sumatera, di Sumbar Ada Potongan Harga 10 Persen

8. Tanaman Pule
Tanaman pule dipercaya membawa hoki bagi rumah tangga. Kata "pule" berasal dari kata "muleh" yang berarti kembali, memberikan makna bahwa rezeki yang hilang dapat kembali lagi.

Tanaman ini juga diyakini bisa membawa keberuntungan baru apabila kulitnya dikupas, sehingga mengembalikan rezeki yang pernah hilang.

9. Tanaman Kayu Jenar/Kayu Kemuning
Kayu jenar atau kayu kemuning dipercaya membawa hoki dan rezeki melimpah bagi penghuni rumah. Aromanya yang harum dan warnanya yang putih melambangkan hati yang bersih dan permohonan ampun kepada Tuhan.

Makna positif ini menjadikan kayu jenar sebagai tanaman yang baik untuk ditanam di depan rumah guna menarik energi positif dan keberuntungan.

BACA JUGA:Angsuran Mulai Rp 350 Ribu Per Bulan, Cek Tabel dan Syarat KUR Mandiri 2024 Pinjaman Rp 15 Juta

Nah, itulah 9 tanaman di depan menurut Primbon Jawa pembawa rezeki dan dapat menangkal sihir. Perlu diketahui bahwa Primbon Jawa adalah hal yang dipercaya bagi masyarakat jawa.

Tidak ada salahnya jika masyarakat luar Jawa juga ingin mempercayai hal ini. Berikut ini fakta mengenai primbon Jawa:

1. Mengetahui watak manusiailustrasi manusia

Dalam primbon, terdapat istilah neptu weton yang digunakan untuk membaca watak seseorang. Neptu adalah perhitungan dalam Jawa yang menggunakan hari lahir dan hari pasaran.

2. Sumber lengkap siklus hidup manusia

Selain dipakai untuk membaca watak seseorang, fakta primbon Jawa selanjutnya adalah digunakan sebagai informasi seputar siklus hidup manusia. Primbon merangkum ritual sakral yang dianjurkan saat seseorang lahir sampai dewasa.

BACA JUGA:Mantap Banget! Ini 5 Hp Samsung Kamera 108 Mp dengan Baterai Besar dan Spesifikasi Oke Banget

3. Menghitung hari baik dan hari buruk menghitung weton

Fakta primbon Jawa sering kali digunakan untuk menentukan hari baik. Biasanya, orangtua akan mencari tanggal yang baik untuk menggelar acara-acara penting, seperti pernikahan, khitanan, dan sebagainya.

4. Memahami tanda-tanda alam

Dalam kepercayaan Jawa, primbon bisa dipakai untuk meramalkan nasib melalui tanda-tanda yang ditunjukkan oleh alam. Misalnya pertanda yang dikirimkan oleh langit, hewan, tanaman, bahkan juga dari mimpi.

5. Menentukan pranata mangsa (ketentuan musim)

Fakta primbon Jawa selanjutnya ialah dipakai untuk pranata mangsa. Bagi yang belum familier, pranata mangsa adalah penanggalan musim. Ini mirip dengan kalender biasa. Bedanya, pranata mangsa memuat 12 musim.

Kategori :